05/02/2023 Wow, Tempe Mendoan Jadi Tema Google Doodle Hari Ini  | Jatim TIMES

Wow, Tempe Mendoan Jadi Tema Google Doodle Hari Ini 

Oct 29, 2022 07:05
Tampak tema Google Doodle hari ini adalah tempe mendoan. (foto Google)
Tampak tema Google Doodle hari ini adalah tempe mendoan. (foto Google)

Pewarta: Binti Nikmatur | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Google Doodle  Sabtu (29/10/2022) hari ini mengusung tema tempe mendoan. Jika biasanya logo Google bertemakan warna-warna merah, kuning, hijau dan biru, kali ini tampak unik karena logonya berhiaskan tempe dari Indonesia. 

Dalam Google Doodle hari ini, tampak ada beberapa nuansa tempe saat diolah. Ada juga gambar perempuan khas Indonesia memakai konde menyajikan tempe mendoan yang khas dengan sambal kecap dicocol dan cabai. Juga pria tampak berjualan tempe mendoan dengan menggunakan gerobak khasnya. 

Baca Juga : Sejarah Pabrik Gula di Sidoarjo dan Prostitusi yang Mengikutinya

Dikutip dari laman Google Doodle, logo nuansa tempe mendoan ini adalah karya  ilustrator asal Semarang, Jawa Tengah, yakni Reza Dwi Setyawan. Ia menjadi ilustrator tamu untuk membuat logo Google bertema tempe mendoan. 

Mengapa tempe mendoan? Itu karena hari ini Google Doodle ingin merayakan Hari Tempe. Protein nabati bergizi tersebut merupakan makanan fermentasi berusia 400 tahun yang berasal dari Indonesia. 

"Biasanya terbuat dari kedelai, tetapi dapat dibuat dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan lainnya dengan proses fermentasi yang sama," tulisan di laman Google Doodle. 

Doodle menampilkan tempe mendoan sebagai salah satu varietas tempe goreng di Indonesia. Bahkan tempe yang disebut ikonik dari masakan Indonesia ini telah dinyatakan sebagai warisan budaya takbenda pada 29 Oktober 2021.

Sejarah tempe pertama didokumentasikan pada tahun 1600-an di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Dokumentasi itu telah tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi dua belas jilid kisah dan ajaran Jawa, ditulis dalam bentuk syair dan diterbitkan pada tahun 1814.

Orang-orang di seluruh dunia biasanya mengonsumsi tempe sebagai pengganti daging, dipadukan dengan nasi dan sayuran. 

Tempe menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Antara lain meningkatkan kesehatan usus dan otak karena tempe kaya akan nutrisi seperti protein, serat, prebiotik, dan vitamin B12. 

Makanan berbahan dasar kedelai yang diproses secara simpel ini menjadi pilihan populer bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia dan muncul di kalangan pecinta kesehatan di seluruh dunia.  

Berbagai daun juga dapat digunakan untuk membungkus tempe selama fermentasi. Misalnya daun waru, jati, dan jambu adalah beberapa bungkus tempe yang tertua. Sedangkan daun pisang  adalah bungkus tempe yang paling populer di Indonesia.

Baca Juga : Peringati Sumpah Pemuda, ASN Pemkot Batu Kenakan Pakaian Adat Indonesia

Ada banyak cara untuk mengonsumsi tempe. Tetapi karena rasanya yang enak, tempe mendoan telah menjadi hidangan tempe yang paling populer. Tempe mendoan biasanya dipadukan dengan berbagai jenis sambal dan kecap manis. 

Lalu siapakah ilustrator tamu yang menampilkan logo Google bertema tempe mendoan itu? 

Reza Dwi Setyawan, ilustrator asal Semarang, Jawa Tengah, ini juga membagikan pemikirannya tentang tempe. Menurut dia, sebagai orang Indonesia, hampir setiap hari di piring makannya selalu ada tempe. Terutama tempe mendoan sebagai lauk.  

"Memiliki kesempatan untuk membuat ilustrasi tentang sesuatu yang sangat dekat dengan saya tentu sangat menarik. Ada emosi dan pengalaman sehari-hari yang saya coba tangkap dalam karya seni," jelas Reza, dikutip dari  laman Google Doodle. 

Membuat Doodle untuk Google mungkin merupakan impian semua ilustrator di seluruh dunia. "Dan saya menjadi salah satu ilustrator yang mendapat kesempatan. Jadi, tentu saja saya sangat senang. Aku masih tidak percaya. Wow!," ungkapnya dengan bahagia. 

Reza mengaku inspirasi saat membuat ilustrasi Doodle tidak begitu ribet. "Karena tempe ada di sekitar saya, saya mengilustrasikan apa yang saya lihat setiap hari. Bagaimana tidak. Kami berinteraksi dan menemukan hidangan tersebut setiap hari," kata Reza. 

Dari ilustrasi yang dibuatnya, Reza berharap tempe menjadi makanan yang lebih dikenal di dunia. "Saya berharap tempe menjadi lebih dikenal di luar Indonesia. Karena tempe merupakan makanan sederhana dengan manfaat yang luar biasa," ucap Reza. 

Judul berita Wow, Tempe Mendoan Jadi Tema Google Doodle Hari Ini .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Google Doodle tempe mendoan

Berita Lainnya