Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Profil

Sekilas Tentang Michael Faraday, Tokoh Penemu Kabel Listrik

Penulis : Redaksi - Editor : Redaksi

26 - Sep - 2022, 08:48

Placeholder
Ilustrasi Michael Faraday (Foto by Liputan6.com)

MALANGTIMES - Michael Faraday seorang fisikawan dan kimiawan yang lahir pada tanggal 22 September 1791 dengan kontribusi yang besar bagi masyarakat dunia, khususnya pada bagian bidang elektromagnetis. Beliau dikenal sebagai bapak listrik akibat temuannya yang sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dunia hingga saat ini, salah satunya yaitu penemu kabel listrik

Pada usia 14 tahun, Michael Faraday ini mengikuti kegiatan magang penjilidan buku di London. Pada saat itu penjilidan buku hanya dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan disamping sumber informasi sangat terbatas, tidak ada situs-situs informatif untuk mengumpulkan bahan seperti thecityfoundry.com, kabartekno, infokomputer dan banyak lagi. Namun karena keterbatasan tersebut, ia mendapatkan kesempatan membaca dan mempelajari banyak buku-buku yang di jilid olehnya. 

Baca Juga : Kisah dan Biografi Nikola Tesla

Faraday snagat senang sekali membaca dan mempelajari buku-buku disana. Dikarenakan jaman dahulu buku-buku sulit sekali ditemukan, khususnya buku mengenai ilmu pengetahuan. Ia sebagia magang penjilidan buku hanya sampai tahun 1810, selanjutnya ia melanjutkan hidupnya dengan bergabung dengan suatu komunitas untuk pegembangan dan pengesahan kemampuan ilmunya. 

Semasa hidupnya Michael Faraday hidup serba keterbatasan, atau tidak cukup biaya dalam menjalani hidupnya. Namun keadaan ekonominya tidak akan membuat Faraday patah semangat untuk menuntut dan juga mengasah ilmu pengetahuannya. Dia terus semangat untuk mengasah ilmunya dan terus mencari tahu atas apa yang menjadi rasa keingintahuannya. Michael Faraday selalu haus akan adanya ilmu. 

Hampir 50 tahun Michael Faraday bereksperimen untuk menemukan penemuan-penemuannya selama masa hidupnya. Penemuan michael Faraday, yaitu :

  • Motor Listrik
  • Senyawa karbon yang dapat berikatan dengan klorin.
  • Metode pencairan pada gas.
  • Induksi dan isobutilena.
  • Induksi elektromagnetik
  • Menemukan hukum Faraday pada elektrolisis.

Pada tahun 1839, Michael Faraday mengalami masalah pada sarafnya yang membuat kesehatannya semakin memburuk. Hal itu membuat Faraday harus memberhentikan penelitiannya, namun ia masih bertanggung jawab sebagai pengajar hingga 1861. Kemudian pada 25 Agustus 1867, sang penemu listrik ini pun ditemukan meninggal dunia dalam kondisi sedang duduk di kursi kerjanya di rumahnya, Hampton Court. Dan beliau dimakamkan di Highgate di London Utara. Demi memperingati karya menumentalnya, didirikannyalah sebuah plakat di Gereja Westminster Abbey, yang berdekatan dengan makan Sir Issac Newton. 

 


Topik

Profil



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Redaksi

Editor

Redaksi