Di Kampung Pecut, Wali Kota Kediri Ajak Artis Ibu Kota Belajar Mainkan dan Bunyikan Pecut | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Di Kampung Pecut, Wali Kota Kediri Ajak Artis Ibu Kota Belajar Mainkan dan Bunyikan Pecut

Sep 23, 2022 20:35
Sutradara film Hati Suhita Archie Hekagery beserta beberapa artis yang membintangi film tersebut berkunjung ke Kampung Pecut, Jumat (23/9) di Kelurahan Kemasan, Kota Kediri. Foto : (Istimewa)
Sutradara film Hati Suhita Archie Hekagery beserta beberapa artis yang membintangi film tersebut berkunjung ke Kampung Pecut, Jumat (23/9) di Kelurahan Kemasan, Kota Kediri. Foto : (Istimewa)

JATIMTIMES - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengajak artis ibu kota Nadya Arina, Omar Daniel, Anggika Bolsterli, dan Wafda Saifan belajar memainkan pecut. 

Momen tersebut terjadi saat sutradara film Hati Suhita Archie Hekagery beserta beberapa artis yang membintangi film tersebut berkunjung ke Kampung Pecut, Jumat (23/9) di Kelurahan Kemasan. Para artis ibu kota tersebut nampak antusias belajar memainkan dan membunyikan pecut.

Baca Juga : HUT Ke-77 Provinsi Jawa Timur, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kabupaten Blitar

Usai bermain pecut, Anggika Bolsterli menceritakan bahwa tidak mudah memainkan dan membunyikan pecut. Meskipun sudah mencobanya beberapa kali, Anggika belum juga berhasil.

 "Luar biasa susah. Tapi kalau nanti dapat karakter yang bermain pecut, saya mau banget. Dan saya tahu saya harus belajar untuk karakter itu di sini," ujarnya.

Foto : (Dok. Istimewa)

Tak hanya bermain pecut. Wali kota Kediri bersama sutradara Archie Hekagery, Nadya Arina, Anggika Bolsterli, Omar Daniel dan Wafda Saifan juga mencoba welcome drink di Kampung Pecut, yakni cendol kamcut. Selanjutnya mereka naik becak menuju galeri pecut. Di sana mereka melihat berbagai koleksi pecut yang ada di Kampung Pecut.

Omar Daniel mengungkapkan suatu kebanggaan bisa mengunjungi Kampung Pecut. Dia bisa melihat salah satu budaya Indonesia yang sangat unik.

"Ini pengalaman yang baru bagi kami semua bisa datang ke sini. Kami melihat dan belajar mengenai sebuah budaya yang sangat patut untuk dilestarikan oleh anak-anak muda. Berharap budaya ini terus bisa dijaga dan dilanggengkan," ungkapnya.

Foto : (Dok. Istimewa)

Dalam kesempatan ini, sutradara Archie Hekagery memberikan satu pesan untuk Kampung Pecut. Yakni potensi yang ada di Kampung Pecut sangat besar dan harus terus dilestarikan.

Baca Juga : Dua SMP di Kota Batu Raih Adiwiyata Provinsi Berkat Eco Enzym

"Atas nama film Hati Suhita, saya mengucapkan terima kasih atas keramahtamahannya. Mungkin harus ada komiknya di Kampung Pecut bisa coba di webtoon itu gratis. Misalnya bisa dibuat cerita JagoanBerpecut.h Nah semoga bisa jadi viral," pesannya.

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan Kampung Pecut ini dibuat untuk melestarikan budaya lokal dan juga untuk menarik orang untuk datang ke Kota Kediri. Sebentar lagi di Kediri akan dibangun bandara dan runway-nya lebih panjang daripada bandara di Surabaya. Bandara yang akan berdiri berkelas internasional. Lalu di tahun 2023 akan ada jalan tol yang disambungkan dengan Trans Jawa.

"Harapannya ketika international airport berdiri, ada alasan untuk datang ke Kediri jadi tidak hanya untuk kerja. Orang bisa singgah ke Kediri dan melihat kearifan lokal yang ada di setiap daerah. Kebetulan di Kemasan ini pusatnya pecut. Semoga dengan ini ekonomi juga berputar di sini," pungkasnya.

Turut hadir, Lurah Kemasan Suntoro, pengurus Kelompok Sadar Wisata Kampung Pecut, dan tamu undangan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kampung Pecut Kediri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar

Berita Lainnya