Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hadir di Acara Haul Kiai Ageng Gribig, Airlangga Jalankan Pesan Orang Tua dan Buyut

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

16 - Sep - 2022, 10:50

Placeholder
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI sekaligus Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf saat hadir dalam Haul, Dzikir, Shalawat Kiai Ageng Gribig di Jatinom, Klaten, Kamis (15/9/2022) malam. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menghadiri secara langsung acara Haul, Dzikir, Shalawat Kiai Ageng Gribig di Jatinom, Klaten, Kamis (15/9/2022) malam. 

Menko Airlangga menyampaikan, kegiatan Haul Kiai Ageng Gribig ini merupakan kegiatan setiap tahun yang digelar untuk mengenang para ulama besar pada zaman Kerajaan Mataram yang memiliki nama asli Wasibagno Timur atau yang lebih dikenal sebagai Kiai Ageng Gribig. 

Baca Juga : Karnaval HUT RI di Sambijajar Minggu 18 September 2022, Warga All Out Tampilkan Pawai Paling Spektakuler di Tulungagung

"Kami dan keluarga besar setiap tahun secara rutin mengadakan Haul Kiai Ageng Gribig setiap bulan Safar. Ini adalah pesan dari orang tua kami, dan dari buyut-buyut kami," ujar Menko Airlangga saat memberikan sambutan dalam kegiatan Haul, Dzikir, Shalawat Kiai Ageng Gribig. 

Menko Airlangga menuturkan, kegiatan yang digelar pada Kamis (15/9/2022) malam ini merupakan bagian dalam merawat tradisi kebudayaan yang sudah turun menurun dilakukan di kawasan Jatinom, Klaten.

Ia menegaskan, haul Kiai Ageng Gribig dan Saparan atau tradisi sebar apem dilaksanakan dalam rangka mengenang dan meneruskan perjuangan Kiai Ageng Gribig. 

Menurut Menko Airlangga, sosok sang leluhur Kiai Ageng Gribig hidup pada masa Sultan Agung Hanyokrokusumo Mataram. Beliau dikenal sebagai wali besar pada zamannya yang konsisten berdakwah dengan penuh kelembutan, ramah, tegas, serta efektif menyentuh hati masyarakat.

Menko Airlangga mengaku kegiatan Haul Kiai Ageng Gribig digelar hanya untuk mengharap ridha Allah SWT serta syafaat Rasulullah SAW. Selain itu, Airlangga juga menegaskan, gelaran Haul juga sebagai wujud rasa hormat dan takzim pada leluhur keluarga, yakni Kiai Ageng Gribig.

Menko Airlangga yang juga sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menuturkan, sang kakek buyut merupakan ulama besar di zamannya yang menggunakan metode dakwah unik di Klaten. Salah satunya, yakni membagikan kue apem sembari membaca wirid Yaa Qowiyyu untuk masyarakat.

"Sehingga sampai sekarang dikenal sebagai apem yaa qowiyyu dan kita lestarikan sampai sekarang," ujar Menko Airlangga.

Baca Juga : Ini Macam-Macam Hijab yang Harus Banget Hijabers Tahu

 

Menko Airlangga, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang hadir dalam Haul Kiai Ageng Gribig. Ia juga mengaku mewakili pihak keluarga meminta maaf jika ada kekurangan dalam melayani selama gelaran Haul Kiai Ageng Gribig di Jatinom, Klaten.

"Atas nama keluarga berterima kasih atas kehadiran habaib, ulama, kiai, dan jamaah semua. Dan kami sebagai keluarga melayani hadirin dan mohon maaf bila ada kekurangan di sana sini. Semoga tahlil, dzikir, dan shalawat diterima Allah SWT," tandas Airlangga.

Diketahui, Airlangga masih termasuk keturunan dari Kiai Ageng Gribig, ulama yang menyebarkan Islam di wilayah Jatinom, Klaten. Nama Ki Ageng Gribig sendiri diabadikan menjadi nama jalan yang membentang di wilayah Desa Gergunung, Klaten Utara hingga Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten. 

Dalam kegiatan Haul, Dzikir, Shlawat Kiai Ageng Gribig tersebut hadir para ulama dan habaib. Di antaranya Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf hingga Pengasuh Pondok Pesantren Profresif Bumi Shalawat Sidoarjo sekaligus Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur KH Agoes Ali Masyhuri. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya