04/12/2022 Banyuwangi Peringati Haornas dengan Gowes dan Gelar Lomba Olahraga Tradisional | Jatim TIMES

Banyuwangi Peringati Haornas dengan Gowes dan Gelar Lomba Olahraga Tradisional

Sep 07, 2022 21:05
Gowes bareng dan lomba olahraga tradisional dalam Haornas Tahun 2022 di GOR Tawangalun Banyuwangi. (Dispora Banyuwangi for Jatim TIMES)
Gowes bareng dan lomba olahraga tradisional dalam Haornas Tahun 2022 di GOR Tawangalun Banyuwangi. (Dispora Banyuwangi for Jatim TIMES)

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES  - Memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2022  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi  menggelar serangkaian kegiatan olahraga. Mulai  senam aerobik, gowes bareng, omba olahraga tradisional, dan perlombaan olahraga bagi difabel mulai SD-SMA Luar Biasa (LB) pada Jumat (9/09/2022) besok.

Menurut kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banyuwangi melalui  Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Achmad Yani, dengan momen Haornas tahun ini, pihaknya ingin mencari bibit-bibit potensial untuk olahraga rakyat seperti; egrang, terompah panjang, badang (gobak sodor), dan dagongan.

Baca Juga : Dokter Muda yang Ditemukan Gantung Diri Mahasiswa Aktif Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

“Selain itu kami berupaya menjaga, memelihara dan melestarikan warisan leluhur dalam bidang olahraga rakyat agar tidak punah dalam menghadapi serbuan modernisasi dan globaliasi saat ini,” jelas Achmad Yani di ruang kerjanya, pada Rabu (7/09/2022).

Menurut dia, rangkaian peringatan Haornas akan diawali dengan senam bersama bupati Banyuwangi, forpimda, pengurus KONI, pengurus cabang olahraga, serta  guru dan siswa di lingkungan kantor Pemkab Banyuwangi.

Kemudian dilanjutkan dengan gowes bareng dengan mengambil start di Kantor Pemkab Banyuwangi-Simpang Lima-Jalan Jaksa Agung Suprapto-Jalan HOS Cokroaminoto dan finis di kawasan GOR Tawangalun.

Selanjutnya akan digelar lomba olahraga rakyat yang pesertanya adalah para pelajar SMA/SMK dan madrasah aliyah (MA) negeri dan swasta yang ada di wilayah Banyuwangi, baik putra maupun putri. Lomba ini juga akan digelar di Kawasan GOR Tawangalun.

Adapun jenis olahraga yang dilombakan adalah; egrang dan terompah panjang untuk siswa putra. Sedangkan untuk lomba hadang (gobak sodor) dan  dagongan, pesertanya adalah pelajar putri.

Baca Juga : Peringati Harpelnas, Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek dan BPJAMSOSTEK Serahkan Simbolis Perlindungan Sosial Ketenagakerjaan ke Perempuan Pelaku UMKM

Selain itu,  Dispora Banyuwangi akan menggelar perlombaan olahraga bagi Difabel SD -SMA LB untuk tunarungu dan tunagrahita. Untuk tingkat SD/MI, ada lomba  lari 80 meter untuk putra-putri.

Kemudian ada lomba lari 100 meter putra-putri untuk SMP LB, pertandingan cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra untuk SMP  – SMA LB dan tenis meja untuk putra SMP-SMA LB.

Judul berita Banyuwangi Peringati Haornas dengan Gowes dan Gelar Lomba Olahraga Tradisional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Haornas Haornas di Banyuwangi

Berita Lainnya