Pilkades Serentak di Kota Batu, 2 Desa Terindikasi Rawan Kisruh | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Pilkades Serentak di Kota Batu, 2 Desa Terindikasi Rawan Kisruh

Aug 05, 2022 16:09
Personel Polres Batu saat melalukan latihan Dalmas. (Foto: Polres Batu)
Personel Polres Batu saat melalukan latihan Dalmas. (Foto: Polres Batu)

JATIMTIMES - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2022 serentak bakal berlangsung di 5 desa di dua kecamatan Kota Batu. Polres Batu pun telah memetakan sejumlah titik atau desa rawan yang berpotensi terjadi kisruh selama Pilkades serentak yang berlangsung pada 28 Agustus 2022 mendatang.

Lima desa yang menggelar Pilkades 2022 yakni di Desa Pesanggarahan, Kecamatan Batu. Lainnya ada di Kecamatan Bumiaji yakni di Desa Sumbergondo, Desa Sumber Brantas, Desa Bulukerto, dan Desa Pandanrejo.

Baca Juga : Optimalisasi Pajak, 'Bapenda Menyapa' Datangi Desa Tangkilsari

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin mengatakan, mesti telah dipetakan ada dua kawasan rawan tetapi dia menjamin pelaksanaan Pilkades berjalan tertib dan lancar. Sebagai antisipasi, pihaknya juga melakukan sejumlah persiapan pengamanan.

Salah satunya, dengan rutin melaksanakan latihan Dalmas (Pengendalian Masa). 

“Latihan Dalmas ini tujuannya untuk meningkatkan kemampuan anggota Polres Batu dalam mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan pada saat pelaksanaan Pilkades tahun ini,” ucap Oskar.

Oskar menyebut, latihan tersebut juga dilakukan untuk menyambut pesta pemilu pada 2024 mendatang.

“Dan ini juga sekaligus untuk persiapan Pemilu tahun 2024 mendatang. Persiapan ini supaya dapat berlangsung dengan aman dan demokrasi,” tambah Oskar, Jumat (5/8/2022).

Selain itu, sosialisasi terhadap panitia Pilkades dan juga masyarakat telah dilakukan. Ditambah lagi, pihak kepolisian juga berkoordinasi dengan para tokoh masyarakat di desa yang rawan.

Baca Juga : Terduga Pembunuh Mahasiswa Kedokteran UB Malang Jalani Sidang, Terancam Hukuman Mati

“Kami minta mereka untuk membantu menjaga kondusivitas pelaksanaan,” imbuh Oskar.

Pada daerah yang rawan, pihaknya akan menerjunkan personel pengamanan dari Brimob dan bersinergi dengan TNI. Untuk dua daerah yang rawan itu, ditempatkan satu pleton Brimob untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

“Saat pemungutan 28 Agustus mendatang, setidaknya 230 personel akan kita terjunkan. Sedang, total daftar pemilih tetap (DPT) di lima desa peserta pilkades serentak sebanyak 26.830 pemilih,” paparnya. 

Rinciannya Desa Pandanrejo sebanyak 4.610 pemilih, Desa Pesanggrahan sebanyak 9.736 pemilih, Desa Bulukerto sebanyak 4.949 pemilih, Desa Sumbergondo sebanyak 3.253 pemilih, serta Desa Sumber Brantas sebanyak 3.535 pemilih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita Batu JATIMTIMES

Berita Lainnya