Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Viral, Pulau Bergerak Layaknya Rakit Ada di Indonesia

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

02 - Aug - 2022, 11:11

Placeholder
Pulau Begansar. Pulau unik yang bisa bergerak di air (istimewa)

JATIMTIMES - Pulau bergerak sendiri, memang ada? Ya, pulau bergerak sendiri memang ada, bahkan pulau tersebut ada di Indonesia. 

Pulau tersebut bernama Pulau Begansar terletak di Danau Bagut di Dusun Kuala Buin, Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. 

Baca Juga : Puluhan Tahun Dalam Kegelapan, Mas Dhito Siap Aliri Listrik Onggoboyo

Dari beberapa sumber mengatakan, jika nama Pulau Begansar merupakan nama setempat yang memiliki arti bergerak.

Pulau tersebut semakin viral setelah terekam dalam sebuah video dan diunggah oleh akun TikTok Bontang Post. Dalam video, nampak jelas pulau tersebut bergerak sendiri secara perlahan, seperti layaknya perahu.

Beberapa orang yang di atas pulau tersebut, nampaknya juga begitu takjub. Pulau tersebut juga nampak stabil bergerak di air tanpa memperlihatkan tanda akan tenggelam.

Meskipun pulau tersebut dapat bergerak, tidak mempengaruhi kesuburan dari beberapa tanaman, rerumputan dengan pohon-pohon tinggi. Bahkan, tanaman-tanaman tersebut nampak tumbuh subur pada pulau bergerak tersebut. 

Meskipun menjadi pulau yang unik, Pulau Begansar masih banyak belum diketahui oleh masyarakat. Pulau Begansar sendiri telah dibuka sejak 2016.

Hal itu dibenarkan Sudarso, yang kala itu menjabat sebagai Kepala Desa Entibab Kecamatan Bunut Hilir. 

"Ada 2 (dua) buah pulau yang aktif begansar (bergerak) dan berjalan atau berpindah tempat, yang mana jarak pulau tersebut berpindah bisa sampai ratusan meter jauhnya," ujar Sudarso, seperti dikutip dari Uncak.

Baca Juga : Beruntun, Pabrik Triplek di Tulungagung Dilalap si Jago Merah

Dari beberapa sumber lain dahulu terdapat tujuh pulau. Akan tetapi, lima pulau lainnya mati dan menyisakan dua pulau saja.

Akan tetapi pulau tersebut jarang bergerak, bilamana musim kemarau dan debit air mulai surut. Akan tetapi, bilamana air danau telah pasang, maka pulau tersebut mulai bisa bergerak. Dituliskan dalam caption postingan akun Bontang Post, pulau tersebut bergerak mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

Wisatawan pun bisa berada di pulau tersebut, merasakan sensasi berada di dataran tanah yang dapat bergerak di air.
Akan tetapi, wisatawan yang dapat berada di pulau tersebut, terdapat pembatasan untuk menjaga keamanan dan mencegah pulau dari kerusakan.

Sementara itu, cerita yang berkembang di masyarakat sekitar diduga pulau itu memiliki kepala dan ekor, namun hal itu tidak bisa dilihat dengan kasat mata.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana