30/01/2023 Edukasi Sistem Kepemiluan, SD BAS Tuban Gelar Pilkates | Jatim TIMES

Edukasi Sistem Kepemiluan, SD BAS Tuban Gelar Pilkates

Jul 24, 2022 11:08
Pelaksanaan pilkates di SD BAS Tuban (24/07/2022) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)
Pelaksanaan pilkates di SD BAS Tuban (24/07/2022) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

Pewarta: Ahmad Istihar | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES -  Edukasi menanamkan nilai-nilai negara dalam berpemerintahan, SD Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban menggelar pemilihan ketua kelas (pilkates) dengan sistem demokrasi lewat pemilihan.

Kepala SD BAS Tuban Ustazah Yulaikah mengatakan, pilkates merupakan agenda pesta demokrasi tahunan di SD BAS untuk memilih ketua kelas. Melalui pilkates tersebut, para siswa memanfaatkan bilik suara untuk menentukan sosok seorang ketua kelas. 

Baca Juga : Kejuaraan Bulutangkis Piala Wali Kota Malang di Kalindra Open 2022 Diikuti 800 Peserta

Selain bilik suara, dewan guru juga menyiapkan jenis perlengkapan pemungutan suara lain. Di antaranya,kotak suara, surat suara, tinta, segel dokumen, dan alat untuk memberi tanda pilihan. 

"Semua ini dilalukan SD BAS Tuban karena sebagai sarana praktik langsung untuk memilih ketua kelas mulai kelas 2 hingga kelas 6," tambah Yulaikah.

Dia menambahkan, melalui pelaksanaan pilkates dengan pemilu ini, pihaknya ingin mengajarkan kepada generasi emas untuk cerdas berdemokrasi. Terutama, memiliki bekal pengetahuan, pemahaman dan kesadaran yang baik dalam menggunakan hak suara. Selain itu, pemilihan ketua kelas termasuk dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila, yang secara khusus terdapat pada sila ke-4. 

"Memilih secara langsung pejabat kelas diharapkan dapat memberi pemahaman sederhana tentang sila ke 4,"imbuhnya.

Di sisi lain, pilkates di SD BAS merupakan upaya kepemiluan untuk menanamkan pendidikan "sikap" yang harus dimulai sejak dini. Sikap ini meliputi prinsip utama demokrasi, menghargai dan menghormati perbedaan. Terlebih, cara pengambilan keputusan dan sikap bertanggung jawab.

 Waka Kesiswaan SD BAS Tuban Ustazah Umi Mu'arifah menyampaikan, setelah dua tahun dilaksanakan secara online karena pandemi, tahun pelajaran 2022/2023 pilkates bisa dilaksanakan langsung. Pelaksanaan pilkates diikuti seluruh siswa kelas II sampai kelas VI.

Baca Juga : Komunitas Honda Malang dan Sunmotret.id Gelar Kopdar

Pelaksanaan pilkates dimulai dari penjaringan kandidat calon ketua kelas dan pendaftaran kandidat ketua kelas pada 19 Juli 2022. Kemudian, pada Rabu, 20 Juli 2022 dilakukan pada jenjang atas dan Kamis, 21 Juli 2022 untuk jenjang bawah. Sedangkan tahapan atau rangkaian acara dimulai dengan orasi kandidat calon ketua kelas, simulasi pencoblosan, pelaksanaan pencoblosan dan penghitungan suara.

"Mewakili manajemen SD BAS, Ustazah Umi mengucapkan selamat kepada ketua kelas terpilih. Semoga semuanya diberikan kesehatan jasmani dan rohani. Selain itu, diberikan kemampuan Allah SWT dalam memimpin kelas sehingga, menjadi kelas yang lebih baik dan membawa berkah kepada seluruh keluarga besar SD BAS Tuban," ucapnya.

 

Judul berita Edukasi Sistem Kepemiluan, SD BAS Tuban Gelar Pilkates.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pemilihan ketua kelas SD BAS Tuban

Berita Lainnya