Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Atasi PMK, Pemkot Batu Bakal Gelontorkan Rp 7,4 Miliar

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

18 - Jul - 2022, 22:26

Placeholder
Petugas saat menyemprotkan EE di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Hingga saat ini beragam cara dilakukan Pemkot Batu demi mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kota Batu. Bahkan Pemkot Batu juga menganggarkan Rp 7,4 miliar untuk hal tersebut.

Untuk mengatasi wabah PMK ini dilakukan dengan pergeseran anggaran Belanja Tak Teduga dan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun anggaran 2022. Masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah mengirimkan usulan RAB kepada Wali Kota Batu.

Baca Juga : Paska Keruk Sampah dan Sedimen di Kecamatan Sukun, Pemkot Malang Sasar Koridor Mayjen Sungkono

“Dan masih dalam proses menunggu hasil review dari Inspektorat dengan total pengajuan sekitar Rp 7,4 M,” ungkap Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Upaya lainnya yang telah dilakukan Pemkot Batu dengan pendirian posko penanganan PMK di 24 desa/kelurahan. Lalu pendirian pos pantau lalu lintas ternak di 4 titik pintu masuk Kota Batu.

4 titik pos pantau meliputi Desa Pandanrejo, Desa Pendem, Kelurahan Songgokerto dan Desa Junrejo.

“Upaya lainnya telah melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) PMK kepada petani/peternak, pelaku usaha dan masyarakat dengan melibatkan Perguruan Tinggi, BBPP Songgoriti dan PDHI,” tambah Punjul.

Selain itu juga memberikan vitamin ternak kepada peternak. Juga mendistribuskan 8 ribu vaksin PMK kepada peternak. Melakukan sanitasi kandang dan lingkungan kandang dengan melibatkan masyarakat/peternak.

Baca Juga : Jatah Vaksin PMK di Kota Batu Dikurangi, Vaksinasi Sudah 98 Persen

Sedang, dari 8.000 dosis vaksin yang diterima Kota Batu capaian vaksinasi pada hewan ternak mencapai 7.915 atau 98,84 persen. Untuk populasi hewan ternak di Kota Batu mencapai 15.413 sapi.

Di antaranya 2.597 sapi potong dan 12.816 sapi perah. Dari jumlah tersebut, kini ada 559 sapi terdampak PMK, 105 mati, 3.363 sembuh dan 110 terpaksa dipotong.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni