Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Gelombang II Masih Buka, Berikut Jalur-Jalur PMB di Unikama

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

16 - Jul - 2022, 18:35

Placeholder
PMB Unikama memasuki gelombang II (Ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2022/2023. Dalam PMB, kampus Multikultural itu menyediakan beberapa jalur masuk, yakni melalui Jalur Reguler, Jalur Non Reguler dan Jalur Prestasi.

Kepala Divisi PMB Unikama Rina Wijayanti MPsi menjelaskan, PMB melalui jalur reguler berlangsung dalam tiga gelombang. Saat ini telah memasuki PMB gelombang 2 yang akan berlangsung sampai 31 Juli 2022. Setelah itu dilanjutkan pada gelombang 3 pada 1 Agustus 2022 hingga 30 September 2022. Sementara untuk gelombang 1 telah ditutup sejak 3 Mei 2022.

Baca Juga : Ketua DPC PPP Banyuwangi Dukung Bupati Laksanakan Haji Setiap Tahun

Selain itu, juga terdapat jalur non reguler atau Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Jalur ini merupakan jalur alih jenjang atau transfer bagi mahasiswa yang berstatus sebagai karyawan. Jalur ini juga diperuntukkan bagi para guru yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang S1 di Unikama. Nantinya terdapat keistimewaan dalam pengakuan SKS.

"Kami memberikan pengakuan terhadap SK pengangkatan kerja serta bukti aktivitas dalam peningkatan kemampuan para pendidikan. Seperti workshop, pelatihan dan beberapa lainnya yang bisa kami akui," terang perempuan berhijab ini.

Selain itu, juga terdapat jalur Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dalam prosesnya, camaba juga akan mendapat potongan DPP, termasuk juga camaba pendaftar jalur KIP. Jalur ini dibuka hingga 31 September 2022.

"Kita juga ada jalur KIP yang bisa diikuti oleh camaba. Mereka akan mendapatkan potongan 100 persen dan mendapatkan uang saku sampai lulus sesuai dengan ketentuan," jelasnya.

Sementara itu, untuk jalur Prestasi saat ini telah ditutup. Jalur prestasi dibuka mulai 1 Januari hingga April 2022.

Menempuh studi di Unikama, para calon mahasiswa akan mendapatkan banyak fasilitas maupun program yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari potongan Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) sebesar 25 persen untuk yang mendaftar pada gelombang II.

Baca Juga : 10 Kampus Terbaik di Indonesia versi THE AUR 2022, Salah Satunya Ada di Malang

Para calon mahasiswa yang mengikuti SBMPTN ataupun jalur mandiri pada perguruan tinggi negeri, namun belum lolos, bisa mendaftar di Unikama Sebab, akan ada program istimewa yang bakal didapatkan. 

"Untuk gelombang II harusnya potongan 25 persen. Tapi untuk mereka akan dapat potongan DPP 50 persen dengan hanya menunjukkan kartu UTBK atau kartu LMPTN hingga bulan September," terangnya.

Selain itu, potongan DPP bahkan bisa mencapai 100 persen. Namun program ini diberikan kepada calon mahasiswa maupun para guru yang memiliki kartu PGRI. Kemudahan dalam proses pembayaran biaya kuliah di Unikama juga akan meringankan calon mahasiswa.

"Biaya bisa diangsur, sehingga tidak ada alasan untuk tidak bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi," pungkasnya.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana