30/01/2023 Begini Pertanyaan dan Cara Malaikat Izrail saat Mencabut Nyawa Manusia | Jatim TIMES

Begini Pertanyaan dan Cara Malaikat Izrail saat Mencabut Nyawa Manusia

Jul 12, 2022 08:52
Ilustrasi ketika Malaikat Izrail menanyai Umat yang akan dicabut nyawanya. (magentaislam)
Ilustrasi ketika Malaikat Izrail menanyai Umat yang akan dicabut nyawanya. (magentaislam)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Kematian pasti terjadi pada semua makhluk, khususnya manusia. Sebab, Allah telah menentukan batas umur makhluk ciptaannya.

Jadi, manusia hidup di dunia ini hanya sementara. Malaikat maut akan mendatangi manusia yang telah datang waktunya untuk dicabut nyawanya.

Baca Juga : Wali Kota Kediri Berbagi Bersama Anak Asuh Yayasan Al-Aqobah

Dalam channel Magenta Islam, Imam Ibnu Qoyyim Al jauziyah menjelaskan soal kematian dalam bukunya "Roh". Buku tersebut mengkisahkan saat ajal seseorang tiba, maka malaikat akan turun, seakan wajah mereka seperti matahari.

Lalu Malaikat Izrail datang. Nyawa umat yang beriman kepada Allah SWT akan dicabut bagaikan air yang mengalir.

Jiwa yang keluar itu langsung diletakkan pada kain kafan dan mengeluarkan bau yang sangat harum. Harumnya roh umat yang beriman kepada Allah ini tercium oleh para malaikat dan penghuni langit lainnya.

Roh ini dikembalikan di jasadnya dan kemudian diberikan pertanyaan oleh malaikat. Dua malaikat bertanya, "Siapakah Rabbmu?" Lalu umat menjawab, "Rabbku Allah". "Apa agamamu?" tanya dua malaikat. Langsung dijawab: "Agamaku Islam". 

"Siapakah yang diutus di tengah kalian?" tanya  dua malaikat lagi. Kemudian umat menjawab: "Dia adalah Rasul Allah". 

Kemudian malaikat kembali bertanya, "Apa yang kamu ketahui tentang benda ini ?" Umat menjawab," Aku membaca kitab Allah, maka aku beriman kepadanya dan aku membenarkan".

 Berhasil menjawab pertanyaan malaikat, pintu surga pun terbuka untuk roh tersebut.

Baca Juga : Pentingnya Kemampuan Komunikasi Sejak Dini, Carabicara Minta Orangtua Jangan Larang Anak Main Gawai

Ketika seseorang dicabut nyawanya oleh Malaikat Izrail, maka akan merasakan sakit yang amat sangat. Nabi Idris AS pun pernah merasakan sakitnya ketika nyawanya dicabut. Malaikat Izrail diberikan kekuatan oleh Allah SWT.

Cara pencabutan nyawa Malaikat Izrail telah dijelaskan dalam hadis. "Aku panggil ruh ruh tersebut, dengan izin Allah SWT, sehingga semuanya berada di antara dua jariku. Bumi ini aku bentangkan kemudian aku biarkan seperti sebuah bejana besar dan dapat mengambil mana saja, sekehendak hatiku"(HR Abu Nuaim).

Malaikat Izrail akan datang dengan sosos yang mengerikan saat mencabut nyawa seseorang yang banyak melakukan dosa di dunia. Namun saat mencabut nyawa orang-orang beriman, Malaikat Izrail hadir dengan wujud terbaik.

"Segala puji bagi Allah pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya, apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah maha kuasa atas segala sesuatu "(QS Fathir 1).

Ketika Malaikat Izrail datang, tak seorang pun umat dapat lari darinya. Maka, sebagai umatnya Allah, hendaknya seseorang mempersiapkan diri dengan terus beribadah dan menjalankan segala perintahnya.

Judul berita Begini Pertanyaan dan Cara Malaikat Izrail saat Mencabut Nyawa Manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Nyawa dicabut Malaikat Izrail

Berita Lainnya