01/02/2023 Sukseskan Program 1,5 Juta Paket Daging Kurban, DPD PKS Kota Malang Bagikan 14 Ribu Paket | Jatim TIMES

Sukseskan Program 1,5 Juta Paket Daging Kurban, DPD PKS Kota Malang Bagikan 14 Ribu Paket

Jul 12, 2022 08:23
Kepala DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo (tengah) bersama jajaran pengurus dan kader PKS saat menunjukkan paket daging kurban yang diperuntukkan bagi yang membutuhkan, Senin (11/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo (tengah) bersama jajaran pengurus dan kader PKS saat menunjukkan paket daging kurban yang diperuntukkan bagi yang membutuhkan, Senin (11/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang terus berkomitmen menyukseskan program pembagian 1,5 juta paket daging kurban dengan membagikan 14 ribu paket daging kurban.

Sebanyak 14 ribu paket daging kurban tersebut merupakan hasil  penyembelihan 18 ekor sapi dan 60 ekor kambing dengan nilai Rp 730 juta. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, jumlah total hewan kurban tahun ini mengalami kenaikan.

Baca Juga : Sebesar Apa pun Dosa Zina Seseorang Akan Terhapus dengan Ucapkan 3 Huruf Ini Kata Gus Baha

Tahun 2021, total hewan kurban sebanyak 36 ekor. Rinciannya, sapi 20 ekor dan kambing 16 ekor senilai total Rp 430 juta dengan 10 ribu paket. Sedangkan  tahun 2022, jumlah total sebanyak 78 ekor dengan rincian 18 ekor sapi dan 60 ekor kambing.

Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo mengatakan,  penyembelihan dan pembagian ribuan paket daging kurban merupakan program tahunan yang secara rutin dilakukan oleh kepengurusan PKS, mulai dari pusat hingga tingkat daerah.

"Alhamdulillah DPD PKS Kota Malang telah melakukan program nasional tebar 1,5 juta paket kurban kepada anggota PKS dan masyarakat. Program ini menjadikan kader rela berkorban meski masih terdampak pandemi," ungkap Djoko kepada JatimTIMES.com.

Djoko menyebut, terdapat lima titik penyembelihan hewan kurban yang tersebar di lima kecamatan di Kota Malang. Namun untuk wilayah Kecamatan Klojen dan Kecamatan Lowokwaru, m.dilaksanakan penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tunas Kota Malang.

Pembagian paket daging.

Djoko menyampaikan, program penyembelihan dan pembagian ribuan paket daging kurban ini sesuai dengan arahan Ketua Majelis Syuro DPP PKS Salim Segaf Al-Jufri kepada seluruh pengurus dan anggota PKS di masing-masing tingkatan.

"Sesuai arahan Ketua Majelis Syuro Dr Salim, seluruh pengurus dsn anggota PKS harus terus terdepan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, utamanya sila kelima Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia," ungkap Djoko.

Penyembelihan dan pembagian ribuan paket daging kurban ini juga merupakan bentuk kepedulian PKS kepada para peternak yang saat ini sedang dilanda musibah. Yakni wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak. Salah satunya sapi. Hal itu berdampak secara luas dan serius bagi para peternak di Indonesia, khususnya di wilayah Malang Raya.

Baca Juga : Viral, Salat Idul Adha Campur Baur Laki-Laki dan Perempuan Bersebelahan

"Pentingnya kedaulatan pangan sebagai bagian tak terpisahkan dari kesejahteraan petani dan peternak," kata Djoko.

Dalam melakukan penyembelihan hewan kurban, Djoko mengatakan bahwa semua hewan kurban yang disembelih sudah dipastikan sehat. Pasalnya, sebelum disembelih, masing-masing hewan kurban telah dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

Selain itu,  diterjunkan dokter kesehatan hewan untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan sebelum disembelih. Hal itu sebagai komitmen PKS memberikan daging kurban yang layak dan bagus bagi masyarakat membutuhkan.

Sementara itu, penyembelihan dan pembagian ribuan paket daging kurban dihadiri langsung oleh Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo, Bendahara DPD PKS Kota Malang Mirza Ahmad Purnomo, Ketua BPU DPD PKS Kota Malang Taufik Ibadi, Wakil Ketua DPRD Kota Malang Asmualik, dan anggota Komisi B DPRD Kota Malang Akhdiyat Syabril Ulum.

Judul berita Sukseskan Program 1,5 Juta Paket Daging Kurban, DPD PKS Kota Malang Bagikan 14 Ribu Paket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
daging kurban DPD PKS Kota Malang

Berita Lainnya