04/12/2022 Kota Malang Incar Emas Nomor Baru Atletik Porprov | Jatim TIMES

Kota Malang Incar Emas Nomor Baru Atletik Porprov

Jun 25, 2022 14:06
Atlet, pelatih, dan pengurus PASI Kota Malang foto bersama Wawali Sofyan Edi Jarwoko di Stadion Gajayana (Yunan Helmy/JatimTIMES)
Atlet, pelatih, dan pengurus PASI Kota Malang foto bersama Wawali Sofyan Edi Jarwoko di Stadion Gajayana (Yunan Helmy/JatimTIMES)

Pewarta: Hendra Saputra | Editor: Yunan Helmy

 

JATIMTIMES - Bukan hanya emas nomor-nomor tradisional atletik yang jadi incaran atlet Kota Malang di arena Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Jatim VII tahun 2022. PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Kota Malang juga mengarahkan bidikan emas ke nomor-nomor baru yang dimunculkan tahun ini.

Ada tiga nomor baru yang dilombakan di Porprov Jatim VII ini. Masing-masing panca-lomba untuk putra, tri-lomba untuk putri, dan half marathon untuk putra-putri. Di antara tiga nomor baru itu, half marathon digelar terakhir atau sebagai penutup persaingan di cabor atletik. Half marathon berlangsung  Sabtu 2 Juli 2022 dari Stadion Jember Sport Garden (JSG) dengan rute menyusuri jalan raya di Kota Jember. 

Baca Juga : Dipandang Bukan Politisi, Arek Suroboyo Dukung Erick Thohir Maju Pilpres

Panca-lomba terdiri atas lempar cakram, lempar  lembing, lari 200 meter, lompat jauh, dan lari 1.500 meter. Tri-lomba mencakup tolak peluru, lari 200 meter, dan lompat jauh. Sedangkan half marathon menyusuri rute sejauh 21 kilometer.

"Untuk panca-lomba dan tri-lomba, nilainya akumulasi dari nomor-nomor di dalamnya. Penentuan juara berdasarkan nilai akumulatif tertinggi" ujar Ketua PASI Kota Malang Tonny Suhartono.

Pelatih PASI Kota Malang Chandra Sofie sudah mempersiapkan atlet-atlet terbaiknya untuk tampil di nomor-nomor baru itu. Di nomor panca-lomba, pelatih yang akrab disapa Onny itu bakal menurunkan Samuel "Nistelrooy" Nimrod. 

Samuel atlet spesialisasi lempar lembing. Namun, selama persiapan, dia terus digenjot dengan latihan lari 200 meter, lari 1.500 meter, maupun lempar cakram dan lompat jauh.

Ada nama Jingga Eka Farera untuk tri-lomba. Jingga sebenarnya spesialisasi lari. Sama seperti Samuel di panca-lomba, Jingga juga digenjot dengan latihan intensif nomor tolak peluru dan lompat jauh. 

Untuk half-marathon, PASI Kota Malang mengandalkan Muhammad Ali Topan. Topan spesialiasi lari 5.000 meter. Dia penyumbang emas lari 5.000 meter putra bagi Kota Malang di Porprov VI 2019 dan sekarang juga masih dijagokan merebut emas 5.000 meter.

Baca Juga : Beli Minyak Goreng Rp 14 Ribu Pakai PeduliLindungi atau NIK, Sosialisasi Mulai Senin Depan

Selama persiapan tampil di half marathon,  Topan kerap di-drill dengan lari jarak jauh. Bahkan, beberapa kali Topan melahap rute menanjak dari Kota Malang ke Kota Batu pergi pulang. 

Soal siapa pesaing berat dari daerah lain, Onny mengaku masih buta kekuatan lawan karena ini memang nomor baru. "Kami belum tahu kekuatan lawan. Makanya, kami persiapkan atlet secara maksimal agar tampil bagus dan juara," ucap dia.

Di pundak PASI Kota Malang, ada target tinggi di Porprov VII ini. Atletik dibebani tujuh medali emas. " Mohon doa dari warga Kota Malang agar kami mampu mewujudkan target medali yang dibebankan ke PASI," ungkap Onny.

Rombongan atlet PASI Kota Malang akan berangkat ke Jember Minggu (26 Juni 2022) pagi. Cabor atletik baru dilombakan mulai Rabu 29 Juni 2022. Dua hari sebelum perlombaan bakal dimanfaatkan untuk menjajal lintasan baru di Stadion Jember Sport Garden (JSG). Seperti diketahui, di samping Jember, tuan rumah lain Porprov Jatim VII 2022 adalah Lumajang, Situbondo, dan Bondowoso.

Judul berita Kota Malang Incar Emas Nomor Baru Atletik Porprov.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
tim atletik kota malang Atletik Kota Malang

Berita Lainnya