1001 Patung Sampah Bakal Penuhi Jalan Panglima Sudirman saat HPSN | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

1001 Patung Sampah Bakal Penuhi Jalan Panglima Sudirman saat HPSN

Jun 21, 2022 20:13
Salah satu warga saat membuat patung sampah dari popok di rumahnya di Desa Torongrejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu warga saat membuat patung sampah dari popok di rumahnya di Desa Torongrejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pelaku seni hingga masyarakat Kota Batu tengah bergerilya mewujudkan rekor muri yang bakal dipecahkan Pemkot Batu dalam Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 pada Juli mendatang. Rekor muri yang bakal dipecahkan itu dengan menghadirkan 1001 patung dari sampah plastik.

Rencananya patung plastik akan menghiasi sepanjang Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Batu, Kota Batu. Patung itu terbuat dari kerangka bambu yang dibuat menyerupai manusia. Kemudian dilapisi dengan sampah plastik yang ada di sekitar. Rencananya 1001 patung itu akan dipajang di sepanjang Jalan Panglima Sudirman Kota Batu.

Baca Juga : Sertijab, Letkol Inf Sapto Dwi Priyono Resmi Menjabat Dandim 0808/Blitar

Keinginan memecahkan rekor muri ini lantaran Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu Aris Setiawan menargetkan pengurangan sampah hingga 24 persen di tahun 2022. Melihat saat pandemi Covid-19 lalu sampah yang masuk ke TPA Tlekung dalam sehari mencapai 89 ton.

Kemudian setelah kondisi dilonggarkan angkanya tembus 120-130 ton saat weekend dan 110-115 ton saat weekday. Hingga capaian tertinggi saat dibanjiri wisatawan angkanya mencapai 158 ton per hari.

"Tahun ini kami berupaya untuk mengurangi sampah sampai 24 persennya,” ujar Aris.

Dalam pembuatan patung sampah ini melibatkan para seniman di Kota Batu, pelaku seni, Ekonomi Kreatif (Ekraf), siswa siswi sekolah dari SD hingga SMA melalui Dinas Pendidikan Kota Batu.

“Dengan adanya 1001 manusia sampah ini akan melahirkan karya seni yang diciptakan oleh masyarakat. Sekaligus untuk mengedukasi,” imbuh Aris.

Baca Juga : Warga Perum Green Garden Tuntut Pengembang Sediakan Masjid dan Lahan Makam

Seperti halnya yang dibuat salah satu penggiat lingkungan di Kota Batu Eko yang membuat patung dengan limbah popok. Dari popok bekas itu Eko membuat patung manusia seorang petani yang dibuat dengan apik.

Pembuatan patung ini memang dilakukan dengan standar rekor muri nasional dalam pengurangan sampah plastik. Apalagi sampah plastik merupakan sampah yang paling sulit dan lama terurai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Rekor Muri patung dari sampah plastik

Berita Lainnya