04/02/2023 Insan BPJS Ketenagakerjaan Junjung Tinggi dan Jaga Integritas | Jatim TIMES

Insan BPJS Ketenagakerjaan Junjung Tinggi dan Jaga Integritas

Jun 21, 2022 17:11
Sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan menyasar THL di Kabupaten Bangkalan.
Sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan menyasar THL di Kabupaten Bangkalan.

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan kepada THL (tenaga harian lepas) di Kabupaten Bangkalan di Hotel Dafam, Surabaya, Senin (21/06/2022). Kegiatan tersebut bertujuan untuk optimalisasi program BPJS Ketenagakerjaan  kepada THL di Kabupaten Bangkalan sesuai Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura Vinca Meitasari dalam paparannya menerangkan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan

Baca Juga : Kabupaten Blitar Dukung Swasembada Gula Nasional Melalui Program KBD

 

“Para tenaga harian lepas(THL) yang mengabdi di pemerintahan didaftarkan sebagai peserta jaminan sosial akan mendapat bantuan jaminan kelangsungan hidup mereka. Apabila pekerja mengalami kecelakaan kerja, pekerja akan mendapatkan perawatan medis yang dicover oleh BPJS Ketenagakerjaan,'' kata Vinca. 

Dalam sosialisasi ini juga disampaikan bagaimana cara instansi pemerintah menerapkan tata kelola yang baik dalam menjalankan fungsinya. Paparan tersebut disampaikan dengan tema 'Membangun Integritas Mencegah Korupsi; yang dijelaskan oleh Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara, Herman Hidayat.

Menurut Vinca, untuk menjaga integritas dan budaya organisasi yang menolak keras upaya suap dan korupsi yang sangat merusak reputasi, BPJS Ketenagakerjaan terus menciptakan lingkungan yang bersih dari korupsi dan secara tegas melaksanakan amanah yang dijalankan.

"Kita secara tegas melaksanakan amanah yang diemban kepada kami untuk melaksanakan upaya-upaya anti korupsi dan berintegritas untuk seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan," tegas Vinca.

Baca Juga : Eks Menkes Terawan Klaim Vaksin Nusantara Tak Butuh Booster hingga Ampuh Lawan Omicron Baru

 

Sebagai wujud penerapan good governance secara komprehensif, BPJS Ketenagakerjaan mengadopsi standar terbaik pedoman good governance pada International Social Security Association (ISSA) sebagai panduan praktis kepada dewan pengawas dan direksi berupa check list atas elemen-elemen penting. Yaitu accountability, transparency, predictability, participation dan fynamism yang akan membantu menciptakan dan mendukung tata kelola yang baik pada lembaga jaminan sosial.

''Kami berharap dengan penerapan good governance secara komprehensif dapat mewujudkan BPJS Ketenagakerjaan menjadi lembaga publik yang kredibel dan sebagai benchmark penerapan good governance publik,'' pungkas Vinca.

Judul berita Insan BPJS Ketenagakerjaan Junjung Tinggi dan Jaga Integritas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
BPJS Ketenagakerjaan Tenaga Harian Lepas

Berita Lainnya