Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Generasi Pertama Partai Demokrat Akan Pimpin DPC Ngawi Periode 2022-2027

Penulis : Satria Romadhoni - Editor : Yunan Helmy

20 - Jun - 2022, 14:10

Placeholder
Ucapan selamat dari Ketua DPC PD Ngawi 2017-2022 Baginda Rahadian Pratama kepada calon tunggal ketua DPC PD Ngawi 2022-2027 Haris Agus Susilo setelah sudang muscab IV. (Foto DPC Demokrat Ngawi for jatimTIMES)

JATIMTIMES - Usianya masih relatif muda, 43 tahun. Namun Haris Agus Susilo) adalah ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, yang pertama, atau termasuk generasi pendiri Partai Demokrat di Ngawi.

Partai Demokrat didirikan Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta pada 9 September 2001. Memudian menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. 

Baca Juga : Lewat CLS 2022, 23 Mahasiswa Negeri Paman Sam Tertarik Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia

Di Kabupaten Ngawi, bendera Partai Demokrat mulai berkibar tahun 2003, dibawa Mbah Samingun (Prampelan, Karangrejo, Magetan). Mandat kepengurusan Kabupaten Ngawi yang dibawanya diserahkan kepada saudara angkat istrinya yang bernama Cipto Budi Santoso (Simo, Kwadungan, Ngawi). Dialah yang kemudian memimpin DPC Partai Demokrat Kabupaten Ngawi untuk periode pertama.

Cipto  bersama pengurus lainnya melebarkan sayap Partai Demokrat di wilayah Ngawi Timur dengan membentuk delapan kepengurusan di tingkat kecamatan. Salah satunya adalah Kecamatan Karangjati yang dipimpin Haris. 

Sayap Partai Demokrat terus melebar ke sembilan kecamatan di wilayah Ngawi Barat yang dibentuk oleh Ibadur Rohman yang saat itu menjabat wakil ketua. 

Generasi pertama inilah yang mengibarkan bendera Partai Demokrat di Kabupaten Ngawi. Merekalah yang berjuang berdarah-darah di tengah cibiran orang yang sinis mendengar dan melihat partai baru yang tidak dikenal dan tidak banyak peminat untuk menjadi lengurusnya.

Mereka berhasil membuat Partai Demokrat lolos Verifikasi dan  menjadi peserta Pemilu 2004.b Pada pemilu tersebut, Partai Demokrat Ngawi berhasil meloloskan tiga  orang untuk menjadi wakil rakyat di DPRD Kabupaten Ngawi, yaitu dari daerah pemilihan Ngawi-3, 4 dan 5. Dan Partai Demokrat sukses mengusung Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden pertama yang dipilih langsung oleh rakyat Indonesia.

Baca Juga : PKB Terang-terangan Ajak PKS dan Demokrat Gabung Koalisi Bareng Gerindra Menuju Pilpres 2024

Generasi pertama Partai Demokrat Kabupaten Ngawi tersebut kemudian banyak yang luntur eksistensinya, setelah Musyawarah Cabang Ke-1 digelar pada Maret 2007. 

Hari ini, (20/06) Muscab Ke-4  digelar. Haris Agus Susilo sebagai salah satu generasi pendiri yang muncul kembali pada Pemilu 2019 dan menjadi satu-satunya qnggota DPRD Kabupaten Ngawi dari Partai Demokrat yang  akan memimpin DPC Ngawi periode 2022-2027.

Haris didukung 100 persen suara ketua DPAC. Sehingga dia  menjadi calon ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Ngawi secara aklamasi.


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Satria Romadhoni

Editor

Yunan Helmy