Segarnya Minuman Degan Bakar Rempah, Unik dan Kaya Manfaat bagi Kesehatan Tubuh | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Segarnya Minuman Degan Bakar Rempah, Unik dan Kaya Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Jun 18, 2022 16:21
Degan bakar rempah saat akan disajikan..(eko arif s/Jatimtimes)
Degan bakar rempah saat akan disajikan..(eko arif s/Jatimtimes)

JATIMTIMES - Unik, variatif, serta memiliki kandungan manfaat melimpah bagi kesehatan tubuh.  Ya, itu adalah penggambaran dari minuman viral yang saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat, yakni degan bakar rempah-rempah.

Minuman degan bakar rempah-rempah ini salah satunya dapat ditemui di warung sederhana di daerah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tepatnya di Desa Tertek, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Warung ini dikelola oleh Wawan beserta saudaranya yang masih muda.

Baca Juga : All New Ertiga Hybrid Hadir di Kota Malang, Segini Harganya

Pembuatan degan bakar rempah-rempah pun sederhana. Yakni bakar ke dalam tong selama 2 jam, lalu kupas untuk diambil air dan diambil daging kelapanya.

Selanjutnya, air dan daging kelapa disajikan menggunakan batok kelapa, dengan dicampur jahe, kapulaga, akar alang-alang, jeruk nipis, gula merah, gula batu dan cengkeh.

Selain dapat melepas dahaga, degan bakar rempah-rempah juga dapat menghangatkan badan, menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

"Minuman ini disuguhkan dalam kondisi yang masih panas setelah dilakukan pembakaran. Jadi, minuman ini memberikan kesan hangat di tubuh bagi peminumnya," ujar Wawan, Sabtu (18/6/22).

Baca Juga : Apresiasi Program Beasiswa Pendidikan Merdeka Belajar, Wali Kota Kediri: Program Ini Bantu Tingkatkan IPM Kota Kediri

Wawan mengaku, mengonsumsi degan bakar rempah ini sangat baik untuk mengobati sejumlah ganggugan kesehatan. Di antaranya masuk angin, lambung, hingga diabetes.

Untuk menikmati sajian degan bakar ini, masyarakat cukup merogoh kocek 18 ribu rupiah guna  menikmati seporsi minuman menyehatkan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Degan bakar rempah rempah Minuman kesehatan

Berita Lainnya