Kementrian Kominfo RI: Kota Mojokerto Siap Menuju Smart City | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Kementrian Kominfo RI: Kota Mojokerto Siap Menuju Smart City

Jun 15, 2022 22:43
Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) Kota Mojokerto
Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) Kota Mojokerto

JATIMTIMES- Pemab Mojokerto terus mempersiapkan diri dalam menjadikan Kota Mojokerto sebagai salah satu smart city (Kota cerdas) yang ada di Indonesia. Upaya itu diwujudkan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) Kota Mojokerto tahap 1 yang diselenggarakan di Kantor Pemkot Mojokerto, Rabu (15/6/2022). 

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) ini, menghadirkan pemateri dari Ketua Tim Pembimbing Penyusunan Masterplan Smart City Kota Mojokerto Hari Kusdaryanto dan Ketua Tim Aplikasi Ekonomi Direktorat Jenderal Aptika Kementerian Kominfo RI selaku Tim Pendamping Smart City Kota Mojokerto, Siswoko.

Baca Juga : Polisi Dalami Video Live Facebook Mayat Pria yang Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, Kota Mojokerto yang menjadi kota terkecil kedua se-Indonesia ini harus menjadi barometer Smart City di Indonesia. 

"Kota Mojokerto harus bisa menjadi barometer penyelenggaraan pemerintahan yang terbaik. Barometer pelayanan publik yang terbaik, barometer pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang terbaik," jelasya saat memberikan sambutan. 

Untuk menjadi barometer, kata Wali Kota yang biasa disapa Ning Ita ini, perlu adanya ikhtiar yang tinggi dari semua pihak. Baik dari Pemerintah Kota hingga masyarakat di seluruh sektor kehidupan yang ada di Bumi Majapahit Perkotaan. Hal ini bertujuan agar Smart City di Kota Mojokerto dapat terwujud secara integral. 

"Mulai dari smart ekonomi, smart branding untuk menjadikan Kota Mojokerto sebagai Kota Pariwisata berbasis sejarah dan budaya. Kemudian smart living, smart society, hampir semuanya sudah kita ikhtiarkan," katanya. 

Oleh sebab itu, menurut Ning Ita bersama seluruh jajaran OPD yang ada di Pemkot untuk terus mengembangkan inovasi. Selain itu, nantinya Pemkot juga harus memiliki basis data terpadu yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan kota ke depan.  

"Bagimana terus mengembangkan inovasi dan juga mengintegrasikan semuanya itu menjadi sebuah basis data yang terpadu dari berbagai sektor," tegas Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini. 

Baca Juga : PKB Banyuwangi Harapkan Aparat Tuntaskan Kasus PT PBS

Sementara itu, Ketua Tim Aplikasi Ekonomi Direktorat Jenderal Aptika Kementerian Kominfo RI selaku Tim Pendamping Smart City Kota Mojokerto, Siswoko mengatakan,  Kota Mojokerto terpilih menjadi salah satu dari 50 kota di indonesia yang siap untuk menyusun masterplan Smart City tahun 2022. 

"Bila daerah itu belum siap tidak kita agendakan penyusunannya. Dan bersyukur Kota Mojokerto itu sudah termasuk yang siap," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam Bimtek Smart City ini akan dilakukan berbagai kegiatan selama empat bulan kedepan. Dalam empat bulan itu pula akan disusun empat buku terkait Smart City Kota Mojokerto. 

"Setelah selesai ada penandatanganan terkait dengan penyusunan masterplan yang dikerjakan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bimtek smart city Smart City

Berita Lainnya