30/01/2023 Apel Kebangsaan Satu Indonesia, KSP Moeldoko dan Bupati Blitar Ajak Pemuda Rawat Ideologi Pancasila | Jatim TIMES

Apel Kebangsaan Satu Indonesia, KSP Moeldoko dan Bupati Blitar Ajak Pemuda Rawat Ideologi Pancasila

Jun 10, 2022 19:11
KSP Moeldoko saat orasi kebangsaan di Alun-alun Kanigoro Kabupaten Blitar. (Foto: Aunur Rofiq/JatimTIMES).
KSP Moeldoko saat orasi kebangsaan di Alun-alun Kanigoro Kabupaten Blitar. (Foto: Aunur Rofiq/JatimTIMES).

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Gerakan Pemuda Ansor menyelenggarakan Apel Kebangsaan Satu Indonesia di Alun-alun Kanigoro Kabupaten Blitar, Jumat (10/6/2022). Apel Kebangsaan dengan tema 'Merawat Warisan Luhur Pancasila di Bumi Laya Ika Trantra Adi Raja' itu dihadiri Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Bupati Blitar Rini Syarifah.

Kehadiran Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam agenda ini menjadi penyuntik semangat dan motivasi ribuan peserta apel yang terdiri dari organisasi pemuda Nahdlatul Ulama dan organisasi kepemudaan lainya. Dalam kesempatan ini Moeldoko menyampaikan orasi kebangsaan. Salah satu penekanan Moeldoko dalam orasinya adalah bahwa anak muda Indonesia tidak boleh ragu dengan ideologi bangsa.

Baca Juga : Cegah Penyebaran PMK, Polres Blitar Kota Perketat Penyekatan di Perbatasan

 

"Kita mulai diporak-porandakan dengan berbagai keyakinan diadu kanan kiri. Namun anak-anak muda jangan risau karena kalian punya keyakinan dan ideologi yang teguh. Pancasila adalah ideologi kita Bangsa Indonesia. Kita jangan ragu dengan ideologi kita," tegas Moeldoko.

Moeldoko menambahkan, bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki ideologi yang kuat. Dirinya juga mengajak seluruh elemen bangsa khususnya warga dan organisasi Nahdlatul Ulama untuk membela, merawat dan melindungi ideologi Pancasila.  

"Tidak ada bangsa yang besar tanpa ideologi yang kuat. Anak muda di sini tidak akan ragu dengan ideologi yang dimiliki. Kita bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan ideologi Pancasila. Kalau ada yang menganggu ideologi Pancasila mari bersama-sama kita lawan," tukas mantan Panglima TNI.

Di kesempatan yang sama, Bupati Blitar Rini Syarifah menegaskan, seluruh elemen kepemudaan harus tetap satu visi menjaga NKRI dengan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila. Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara adalah pedoman hidup yang menyatukan suku, ras dan agama dari Sabang sampai Merauke.

Baca Juga : Disperindag Kabupaten Blitar Bantu Warga, Operasi Minyak Goreng Curah Hadir di Desa Jaten Wonodadi

 

"Apel kebangsaan ini merupakan wujud cinta tanah air untuk merawat keberagaman dengan nilai-nilai yang positif. Kita hidup di Indonesia, negara yang multicultural. Berbeda pandangan itu lumrah namun kita harus kobarkan semangat solidaritas dan persaudaraan untuk Indonesia," tandas Mak Rini.(Adv/Kmf)

Judul berita Apel Kebangsaan Satu Indonesia, KSP Moeldoko dan Bupati Blitar Ajak Pemuda Rawat Ideologi Pancasila.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kabupaten Blitar Bupati Blitar

Berita Lainnya