Haflah Tahfidzul Qur'an dan Wisuda 2021/2022, MIN 1 Kota Malang Punya Ciri Profil Lulusan Berkualitas | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Haflah Tahfidzul Qur'an dan Wisuda 2021/2022, MIN 1 Kota Malang Punya Ciri Profil Lulusan Berkualitas

Jun 09, 2022 16:06
Kepala MIN 1 kota Malang, Drs Suyanto MPd saat mewisuda siswa (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Kepala MIN 1 kota Malang, Drs Suyanto MPd saat mewisuda siswa (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Malang menggelar Haflah Tahfidzul Qur'an dan Wisuda  kelas VI MIN 1 Kota Malang tahun ajaran 2021/2022, Kamis (9/8/2022). Dalam momentum tersebut, diikuti 253 wisudawan, di mana 176 siswa juga merupakan peserta Haflah Tahfidzul Qur'an.

Drs Suyanto MPd Kepala MIN 1 Kota Malang menyampaikan, jika pada wisuda dan Haflah Tahfidzul Qur'an ini, profil lulusan MIN 1 Kota Malang  merupakan lulusan yang berkualitas. Para lulusan MIN 1 Kota Malang adalah mereka yang menjaga keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

4

"Haflah Tahfidzul Qur'an sebagai salah satu ciri lulusan kita. Mereka adalah penghafal Al-Qur'an," jelasnya.

Baca Juga : Haflah Tahfidzul Qur'an dan Wisuda 2021/2022, MIN 1 Kota Malang Punya Ciri Profil Lulusan Berkualitas

Kemudian, ciri selanjutnya adalah lulusan MIN 1 Kota Malang sangatlah tekun dalam belajar maupun beribadah. Mereka bisa menyeimbangkan kegiatan pendidikan dan keagamaan. Termasuk juga dalam sikap, para siswa MIN 1 Kota Malang memiliki Akhlakul Karimah yang bagus.

1

"Mereka salat lima waktu, mengaji, tawadhu pada orang tua dan bisa menjaga akhlak di segala tempat. Kemudian mereka cinta terhadap lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan pendidikan," tuturnya.

Selain itu, profil lulusan MIN 1 Kota Malang adalah merupakan siswa yang selalu berprestasi di segala bidang. Baik itu bidang keagamaan, bidang sains dan teknologi, bidang keagamaan, bidang olahraga maupun bidang seni.

3

"Itulah profil yang kita bangun sebagai lulusan MIN 1 Kota Malang," jelasnya.

Dalam Haflah Tahfidzul Qur'an dan Wisuda  kelas VI MIN 1 Kota Malang tahun ajaran 2021/2022 ini juga diumumkan para siswa berprestasi. Mulai dari siswa dengan prestasi hafalan Qur'an terbanyak, Nilai Tertinggi Ujian Madrasah, Nilai Tertinggi Ujian Kompetensi Daerah (UKD), Nilai Tertinggi Non Akademik dan prestasi sebagai siswa teladan.

"Selama tahun ajaran 2021/2022 MIN telah banyak meraih kejuaraan, sekitar 612 kejuaraan telah diraih. Itu (kejuaraan) baik tingkat internasional, tingkat nasional, tingkat provinsi dan tingkat kota," tuturnya.

2

Disampaikannya juga, jika Tahfidzul Qur'an saat ini merupakan tahun pertama, di mana bekerjasama dengan Bil Qalam dalam menyelenggarakan Tahfidzul Qur'an. Sementara itu, untuk waktu sebelumnya merupakan Tasmi' Akbar yang bekerjasama dengan Ummi.

Baca Juga : Pemerintah Gerak Cepat Kendalikan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Jelang Idul Adha

 

"Ini salah satu keunggulan dari madrasah kita, dan setiap tahun kita akan berusaha meningkatkan jumlah penghafal Alquran dan ke depan kita berharap seluruh lulusan MIN 1 Kota Malang minimal bisa hafal juz 30," terang Suyanto.

6

Sementara itu, Dr. Muhtar Hazawawi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang mengatakan, jika para lulusan MIN 1 Kota Malang ditambah banyak prestasi yang diraih memang pantas mendapatkan apresiasi.  Hal ini merupakan best practice Kemenag Kota Malang dan MIN 1 Kota Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MIN 1 Kota Malang wisuda min 1 kota malang

Berita Lainnya