10/12/2022 Permak Pantai Ngliyep, Perumda Jasa Yasa Kabupaten Malang Akan Adopsi Konsep Pantai Solong | Jatim TIMES

Permak Pantai Ngliyep, Perumda Jasa Yasa Kabupaten Malang Akan Adopsi Konsep Pantai Solong

Jun 01, 2022 17:29
Wisata Pantai Ngliyep.(Foto: Istimewa).
Wisata Pantai Ngliyep.(Foto: Istimewa).

Pewarta: Riski Wijaya | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Jasa Yasa Kabupaten Malang tengah melakukan beberapa persiapan untuk mempermak Pantai Ngliyep. Pantai ini sendiri merupakan salah satu deretan pantai yang ada di wilayah Malang Selatan. Tepatnya berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. 

Menurut Plt Direktur Utama (Dirut) Perumda Jasa Yasa, Husnul Hakim Syadad, hal tersebut dimaksudkan untuk kembali mendongkrak Pantai Ngliyep sebagai salah satu wisata yang layak untuk menjadi jujugan lebih banyak wisatawan. Menurutnya, kondisi yang ada di Pantai Ngliyep masih sangat memungkinkan untuk dilakukan banyak pengembangan. 

Baca Juga : Upaya Gali Potensi untuk Tingkatkan Ekonomi, IKA GP Ansor Kabupaten Malang Gelar Deklarasi

"Kami (Perumda Jasa Yasa) sudah melakukan komunikasi dengan beberapa pihak untuk membangun semacam resort di Pantai Ngliyep. Kalau melihat kondisinya, Pantai Ngliyep sangat memungkinkan untuk dijadikan sebuah resort," ujar Husnul saat ditemui, Rabu (1/6/2022).

Husnul mengatakan bahwa untuk secara detil pihaknya masih berkomunikasi dengan beberapa pihak ketiga atau swasta untuk pengembangan resort yang direncanakan. Namun untuk konsepnya, Husnul menyebut bahwa pihaknya akan mengadopsi konsep resort yang ada di Pantai Solong, Banyuwangi Jawa Timur. 

"Kita konsepnya akan seperti di Pantai Solong di Banyuwangi. Jadi dalam resort itu akan ada hotel, taman-taman wisata, kolam renang dan beberap hal lain. Kalau seperti itu sangat memungkinkan untuk dilakukan di Pantai Ngliyep," terang Husnul. 

Dirinya tidak memungkiri bahwa untuk merealisasikan hal tersebut membutuhkan anggaran yang cukup besar. Dan dalam hal ini, pihak ketiga yang akan digandeng nantinya juga akan berlaku sebagai pihak investor, dengan sebuah perjanjian kerjasama. 

"Kalau tidak pekan ini ya pekan depan kami sudah punya jadwal untuk komunikasi dengan beberapa pihak yang kemungkinan tertarik untuk menjadi investor. Kami juga sudah dalam tahap membicarakan kemungkinan anggaran yang dibutuhkan, yang kemudian juga akan dilanjutkan dengan pembahasan rencana PKS (perjanjian kerja sama) nya," jelas Husnul. 

Baca Juga : Pemerintah Akan Susun Kebijakan Perluasan Penerapan Konsep EIP pada Kawasan Industri

Dengan rencana tersebut, menurut Husnul bukan berarti dirinya tidak ingin untuk meminta penyertaan modal kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Hanya saja dirinya menilai bahwa Pantai Ngliyep punya potensi yang cukup menarik untuk bisa dilirik investor. 

"Kami bukan dalam rangka untuk meminta penyertaan modal ke Pemkab Malang, namun kami masih berupaya untuk mencari investor, dan itu juga untuk di tempat lain yang kami kelola. Khusus di Pantai Ngliyep ini punya potensi yang luar biasa untuk dapat dilirik investor," pungkas Husnul. 

Judul berita Permak Pantai Ngliyep, Perumda Jasa Yasa Kabupaten Malang Akan Adopsi Konsep Pantai Solong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
investasi Kabupaten Malang Pantai Ngliyep

Berita Lainnya