08/12/2022 Kembangkan Pendidikan, Dirjen Pendis Kemenag: UIN Maliki Malang Sudah Siap | Jatim TIMES

Kembangkan Pendidikan, Dirjen Pendis Kemenag: UIN Maliki Malang Sudah Siap

May 27, 2022 22:38
Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani (bawa mic) saat memberikan sambutan (foto: Hendra Saputra/ JatimTIMES)
Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani (bawa mic) saat memberikan sambutan (foto: Hendra Saputra/ JatimTIMES)

Pewarta: Hendra Saputra | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani menginginkan sebuah akselerasi dari UIN Malik Ibrahim (Maliki) Malang untuk meningkatkan kapasitas pendidikan.

“Pertemuan hari ini pada dasarnya kita menginginkan ada sebuah pola akselerasi dari perguruan tinggi khususnya UIN di dalam hadir untuk ikut serta meningkatkan kapasitas pendidikan bagi anak bangsa di pendidikan tinggi,” kata Ali kepada JatimTIMES, Jum'at (27/5/2022).

Baca Juga : Buka Kongres III PERGUNU, Gubernur Khofifah Tekankan Peran Guru dalam Peningkatan Kualitas SDM Bangsa

Menurut Ali, ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan bagi pendidikan di Indonesia. Dan bicara di Malang, dari sisi manajerial, UIN Maliki relatif baik. “Ukurannya misalnya akreditasi institusi, akreditasi prodi-prodinya sudah sangat baik,” kata Ali.

Namun jika melihat kebutuhan masyarakat, Ali menyebut saat ini sudah sangat trend tentang muslim lifestyle. Sehingga dibutuhkan layanan pendidikan tinggi untuk menghadirkan muslim life style, seperti dengan prodi halal food.

“Itu menjadi tantangan tersendiri. Kita ingin Perguruan Tinggi hadir untuk memberikan jaminan dari sisi banyak hal melalui pembangunan prodi yang dibutuhkan oleh masyarakat muslim agar hidupnya lebih sejahtera lebih terjamin dari keinginannya untuk menjalankan agama secara lebih baik,” ungkap Ali.

Di sisi lain, Ali juga memiliki keinginan untuk membangun layanan yang lebih prima dengan transportasi dari BLU menjadi PTN-BH.

“Kami dari Kementerian Agama tentu berharap mendorong, mensupport agar UIN ini dapat segera bertransformasi dari BLU menjadi PTNBH. Dimana di PTNBH ini memiliki lebih banyak keleluasaan di dalam pendayagunaan sumber daya yang dimiliki, dia lebih gesit,” papar Ali.

Baca Juga : Lepas 417 Calon Jamaah Haji, Bupati Pamekasan Titipkan Doa untuk Pamekasan

Sementara dari sisi ilmu-ilmu perangkatnya, Ali dalam prespektifnya menyatakan bahwa UIN Maliki Malang sudah siap. “Karena di sini sudah ada ilmu basicnya yaitu ilmu syariah misalnya kemudian farmasi ada di sini, biologi ada di sini, kimia ada di sini, tinggal mengintegrasikan ilmu-ilmu yang dulu hadir ilmu untuk ilmu, sekarang ilmu untuk menyelesaikan masalah kepada masyarakat,” tutur Ali.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Maliki Malang, Dr H Isroqunnajah M Ag menjelaskan bahwa dalam pertemuan yang dilakukan itu pihaknya memberikan beberapa informasi terkait pengembangan yang akan dilakukan.

“Beberapa kita memang informasikan terkait dengan upaya pengembangan yang kita lakukan, beliau respect sekali. Misalnya kita punya rencana untuk membuka prodi teknik informatika, teknik mesin, teknik elektro, teknik lingkungan teknik sipil,” tutur Gus Is.

Judul berita Kembangkan Pendidikan, Dirjen Pendis Kemenag: UIN Maliki Malang Sudah Siap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
UIN Maliki UIN Maliki Malang

Berita Lainnya