03/02/2023 Pengcab PBSI Kabupaten Blitar Sukses Gelar Kejuaraan Bulutangkis Tingkat Nasional, Wabup Rahmat Beri Pujian dan Apresiasi | Jatim TIMES

Pengcab PBSI Kabupaten Blitar Sukses Gelar Kejuaraan Bulutangkis Tingkat Nasional, Wabup Rahmat Beri Pujian dan Apresiasi

May 20, 2022 22:35
Kompak majukan olahraga bulutangkis, dari kiri ke kanan : Eka Purwanta, Achmad Lazim, Wabup Rahmat Santoso dan Tonny Andreas.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)
Kompak majukan olahraga bulutangkis, dari kiri ke kanan : Eka Purwanta, Achmad Lazim, Wabup Rahmat Santoso dan Tonny Andreas.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Moch. R. Abdul Fatah

JATIMTIMES - Pengurus Cabang Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (Pengcab PBSI) Kabupaten Blitar sukses menyelenggarakan Bupati Blitar Open 2022. Kejuaraan bulu tangkis tingkat nasional tersebut akan berlangsung ditutup dengan gelaran partai final pada Jumat 20 Mei 2022. Kompetisi ini memperebutkan hadiah total Rp 60 juta.

Digelarnya kejuaraan Bulutangkis Bupati Blitar Open 2022 ini juga menjadi angin segar bagi dunia olahraga Kabupaten Blitar. Turnamen ini adalah kali pertama di Kabupaten Blitar menyelenggarakan kejuaraan bulutangkis setelah hantaman pandemi Covid-19.  Hebatnya lagi kejuaraan ini diikuti peserta yang datang dari Sabang sampai Merauke. Total ada 840 atlet yang berpartisipasi.

Baca Juga : Jelang Kedatangan Asesor Geopark Ijen, Tim Pemkab Banyuwangi dan Bondowoso Rapatkan Barisan 

 

Kesuksesan digelarnya kejuaraan Bulutangkis Bupati Blitar Open 2022 tak lepas dari dukungan Bupati Blitar Rini Syarifah dan Wabup Blitar Rahmat Santoso. Dukungan juga datang dari KONI Kabupaten Blitar, PBSI Provinsi Jawa Timur dan sponsor. Wabup Blitar Rahmat Santoso hadir langsung menyaksikan partai final yang mempertandingkan  partai di seluruh kategori yang dipertandingkan. Dalam kesempatan ini wabup juga menyerahkan langsung medali dan piagam kepada atlet yang tampil sebagai juara.

Secara khusus, wabup juga menyampaikan apresiasi kepada Pengcab PBSI Kabupaten Blitar yang sukses menggelar kejuaraan bulutangkis tingkat nasional di saat pandemi Covid-19 belum berakhir. Rahmat juga menyampaikan pujian kepada panitia yang bekerja keras dan para atlet yang bertanding dengan penuh semangat.

‘’Kejuaraan ini bagus sekali karena menelurkan pemain-pemain bulutangkis pemula yang hebat-hebat dan berprestasi. Terimakasih untuk Pak Lazim Ketua PBSI Kabupaten Blitar dan Mas Tonny Andres Ketua KONI Kabupaten Blitar. Semoga kedepan dunia olahraga bulutangkis di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Blitar pada khususnya semakin maju,’’ kata Wabup Blitar, Rahmat Santoso kepada awak media.

Orang nomor dua di Kabupaten Blitar dalam kesempatan ini juga menyampaikan sejumlah harapan khusus untuk dunia olahraga bulutangkis Kabupaten Blitar. Salah satunya dia ingin di masa depan nanti dari Kabupaten Blitar akan lahir atlet bulutangkis kelas dunia.

‘’Bulutangkis ini salah satu olahraga populer di Indonesia. Saya bermimpi nanti dari Kabupaten Blitar muncul atlet-atlet bulutangkis yang sukses mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan tingkat dunia. Dengan system pembinaan yang terstruktur saya optimis bisa, kita lahirkan atlet juara dunia,’’ tandasnya.

Kejuaraan Bulutangkis Bupati Blitar Open 2022 mendapat respon positif dari Sabang sampai Merauke. Terbukti dari peserta yang semula ditargetkan hanya 600 membludak hingga 840 peserta. Ketua Panitia Kegiatan, Eka Purwanta mengatakan membludaknya peserta ikut berpengaruh terhadap sejumlah teknis pelaksanaan kegiatan. Diantaranya kompetisi yang semula direncanakan digelar selama enam hari diperpanjang menjadi enam hari.

Kejuaraan Bulutangkis Bupati Blitar Open 2022 mempertandingkan beberapa kelas. Di antaranya kelas Pra Dini, Dini, Taruna, Remaja dan Pemula Remaja.

‘’Ini kejuaraan open, seluruh daerah bisa masuk. Alhamdulilah peserta datang dari seluruh Indonesia ada dari Medan, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi,’’ kata Eka.

Eka menambahkan, di kejuaraan ini Kabupaten Blitar menerjunkan sekitar 300 atlet. Namun sayangnya tak satupun atlet asal Kabupaten Blitar yang mencapai partai final bahkan juara. Kondisi ini memicu bagi Pengcab PBSI Kabupaten Blitar untuk kedepan lebih meningkatkan kualitas dan mutu pembinaan atlet bulutangkis.

‘’Tidak ada satupun atlet Kabupaten Blitar yang mencapai partai puncak. Ini pekerjaan rumah kita kedepan agar bagaimana cabor bulutangkis bisa menelurkan prestasi terbaik untuk Kabupaten Blitar.Namun kita patut berbangga karena ini event tingkatnya nasional. Dan kita akan lakukan evaluasi agar kedepan pelaksanaan kejuaraan yang kita gelar lebih bagus lagi,’’ tukas Eka yang juga Kepala Disperindag Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Pucuk Pimpinan Lapas Kelas I Malang Berganti, Heri Azhari Jabat Kalapas Baru 

 

Di kesempatan yang sama, Ketua Pengcab PBSI Kabupaten Blitar, Achmad Lazim, mengucap syukur kejuaraan bulutangkis Bupati Blitar Open 2022 berjalan sukses. Lazim juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak mulai dari Bupati dan Wabup Blitar, OPD terkait Pemkab Blitar, KONI Kabupaten Blitar, PBSI Provinsi Jawa Timur dan sponsor.

‘’Harapan saya kedepan, dengan kejuaraan seperti ini akan dapat menjadi benteng dari kegiatan-kegiatan yang negatif. Anak-anak muda zaman sekarang banyak maen HP, maen game.Juga banyak yang begadang dan kegiatan-kegiatan negatif lainya.Jadi kegiatan-kegiatan positif seperti kejuaraan bulutangkis seperti ini perlu diciptakan untuk mendorong lahirnya generasi emas Indonesia,’’ kata Lazim.

Kejuaraan Bulutangkis Bupati Blitar Open 2022 adalah pertama kalinya PBSI Kabupaten Blitar menggelar even setelah absen dua tahun akibat pandemi Covid-19. Dua tahun tanpa kompetisi, Lazim melihat semangat yang sangat luar biasa dari seluruh pihak dan para atlet yang bertanding di kejuaraan kali ini.

‘’Dampaknya luar biasa, semangatnya luar biasa, animo masyarakat juga luar biasa, antusiasnya juga luar biasa. Event-event internasional juga ikut berpengaruh juga terhadap atlet-atlet kita. Dengan suksesnya kejuaraan ini ya tentu harapan saya kita akan lebih terpacu lagi untuk menyelenggarakan event yang lebih besar dan pembinaan atlet yang lebih berkualitas. Dan bibit-bibit atlet, kita harus mencari bibit atlet yang handal, yang profesional. Dan kejuaraan ini merupakan modal untuk mengikuti event-event yang lebih besar lagi,’’ tegas Lazim.

Gelaran partai final  Kejuaraan Bulutangkis Bupati Blitar Open 2022 juga dihadiri langsung oleh Ketua KONI Kabupaten Blitar Tonny Andreas.Dalam kesempatan ini Tonny menyampaikan apresiasi kepada Pengcab PBSI Kabupaten Blitar yang sukses luar biasa menyelenggarakan Kejuaraan Bulutangkis Bupati Blitar Cup 2022.

‘’Ini event open pertama kali yang diselenggarakan di Kabupaten Blitar dan diikuti peserta nasional, gebyar sekali. Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Pak Lazim dan Pak Eka selaku komandan PBSI Kabupaten Blitar,’’ ungkap Tonny dengan nada penuh semangat.

Lebih dalam Tonny menyampaikan, kejuaraan ini juga menjadi ajang bagi Kabupaten Blitar untuk mempersiapkan atlet yang akan bertanding di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim2022. Dirinya berharap di ajang Porprov nanti cabor bulutangkis akan dapat memberikan prestasi terbaik untuk Kabupaten Blitar.

‘’Ibu Bupati dan Pak Wabup memberikan perhatian penuh terhadap dunia olahraga khususnya bulutangkis. Beliau selalu mendorong lahirnya prestasi terbaik untuk Kabupaten Blitar,’’ pungkas Tonny. (Adv/Kmf)

Judul berita Pengcab PBSI Kabupaten Blitar Sukses Gelar Kejuaraan Bulutangkis Tingkat Nasional, Wabup Rahmat Beri Pujian dan Apresiasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pengcab PBSI Blitar Bupati Blitar Open 2022

Berita Lainnya