30/01/2023 Wabah PMK Tak Pengaruhi Penjualan Daging Sapi di Pasar Kota Batu | Jatim TIMES

Wabah PMK Tak Pengaruhi Penjualan Daging Sapi di Pasar Kota Batu

May 15, 2022 14:57
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat sidak di kawasan Pasar Relokasi Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat sidak di kawasan Pasar Relokasi Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Pewarta: Irsya Richa | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Hingga Jumat (13/5/2022) sudah 42 ekor sapi suspek Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Batu. Meski adanya wabah ini tidak berpengaruh terhadap harga daging sapi di Pasar Relokasi Kota Batu.

“Saat ini harga daging masih normal,” ungkap pedagang daging sapi di Pasar Relokasi Kota Batu, Latifah. Saat ini harganya terpantau Rp 115 ribu per kilogramnya.

Baca Juga : India Resmi Larang Ekspor Gandum, Harga Tepung Terigu, Mi Instan hingga Telur Berpotensi Naik

Demikian pula dengan ketersedian daging juga tidak mengalami penurunan. Setiap harinya Latifah rata-rata menjual 40 kilogram per harinya.

“Harga normal, juga ketersedian setiap hari masih sama 40 kilogram rata-rata segitu, dan yang beli tidak mengalami penurunan,” tambah Latifah, Minggu (15/5/2022).

Konsumen yang membeli daging pun tidak ada penurunan, masih sama seperti hari-hari biasanya sebelum wabah masuk. 

Sri Mulyati kosumen Padar Relokasi Kota Batu menambahkan, meski mengetahui wabah PMK, namun tidak takut untuk mengkonsumsi.

“Karena penyakit ini kan gak berdampak sama dagingnya, jadi buat apa takut. Saya tetap mengkonsumsi,” ucap Mulyati.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu, Sugeng Pramono menambahkan, hingga Jumat (13/5/2022) tercatat 60 sapi 13 kambing yang sakit. Namun hanya sapi terkonfirmasi positif PMK.

“Upaya untuk mencegah penyebaran terus kami lakukan khususnya di Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji,” ujar Sugeng.

Baca Juga : Kolaborasi Armet Agro dan Komunitas RAKA Siap Hadirkan Para Pengusaha Baru di Lumajang

Melihat semula wabah ini hadir di Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji. Mulanya hanya 5 ekor sapi, kemudian dengan cepat merambah.

Meski demikian Sugeng mengimbau warga agar tidak panik. Jika mendapati ada hewan ternak bergejala PMK bisa melaporkannya kepada Pemkot Batu maupun Posko yang sudah disiapkan.

Sebab untuk mengantisipasi meluasnya sebaran PMK di Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji tim Satuan Tugas pun dibentuk. Satgas penanganan suspek PMK, yang terdiri dari Polri, TNI, dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, serta perangkat desa setempat.

Posko penanganan dan pengendalian PMK pun telah berdiri di Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji mengingat banyaknya sapi yang suspek di sana. Bagi yang warga yang mendapati hewan ternanya mengalami gejala PMK bisa menghubungi 085334239163.

Judul berita Wabah PMK Tak Pengaruhi Penjualan Daging Sapi di Pasar Kota Batu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
wabah pmk Sugeng Pramono

Berita Lainnya