Ratusan Siswa Sekolah SMK Ini Diberi Edukasi Profesi Bidang Digital | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Ratusan Siswa Sekolah SMK Ini Diberi Edukasi Profesi Bidang Digital

May 13, 2022 16:14
400 siswa dilatih melalui acara Moklet Youth DigiTalent (Ist)
400 siswa dilatih melalui acara Moklet Youth DigiTalent (Ist)

JATIMTIMES - Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, tren digitalisasi terus dikembangkan. Di Indonesia, masa pandemi Covid-19 mampu mendorong percepatan transformasi digitalisasi.

Sederet profesi yang berkaitan dengan dunia digital semakin banyak dicari. Seperti back end developer, full stack developer, social media manager dan lainnya. Untuk itu, 400 siswa kelas XII SMK Telkom Malang digembleng dan diberikan ppendampinga bagi yang ingin memiliki profesi maupun wirausaha di bidang digital. 400 siswa tersebut dilatih melalui acara Moklet Youth DigiTalent, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga : Gubernur Khofifah Maknai Peringatan Hardiknas 2022 sebagai Momentum Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi

"Kami akan memberikan informasi tentang peluang usaha dan profesi di bidang digital, yang tentunya juga sesuai dengan pelajaran yang mereka dapat di sekolah. Seperti full stack developer, social media manager, growth hack manager dan lainnya," terang Kepala Sekolah SMK Telkom Malang, Rahmat Dwi Jatmiko, S.Kom.

1

Selain bagi siswa, juga akan memberikan gambaran dan konseling terkait profesi dan peluang usaha tersebut kepada wali murid. Hal ini menjadi bagian penting untuk pendampingan dan pengarahan dari sekolah kepada siswa calon lulusan dan wali murid. Dalam pelatihan, pihaknya menggandeng sejumlah praktisi, mulai dari Ngalup  Collaborative Network dan Jagoan Hosting untuk memberikan materi.

"Harapannya, tidak ada yang salah jurusan jika melanjutkan, bekerja sesuai passion jika menjadi profesional, dan mampu membuka peluang usaha baru jika ingin   menjadi seorang entrepreneur," papar dia. 

Siswa yang ingin mendapatkan pekerjaan di bidang digital, akan mendapatkan beberapa materi. Seperti, pengenalan profesi, pembuatan CV dan portfolio, interview hack hingga optimasi LinkedIn. 

Sementara, bagi siswa yang berminat menjadi pengusaha, baik di bidang digital maupun konvensional, akan mendapatkan materi berupa business ideation, idea validation, branding and marketing hingga product creation.

Nantinya, para siswa juga akan mengikuti bootcamp dan mentoring selama satu bulan penuh sesuai dengan masing-masing minatnya, yakni yang ingin menjalani profesi maupun yang ingin membuka usaha. Hal ini tentunya juga merupakan upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan mempersiapkan talenta profesional.

Baca Juga : Peringati Hari Perawat Internasional, Gubernur Khofifah Kenang Perjuangan Perawat Selama Pandemi Covid-19

“Bootcamp akan dilakukan tanggal 17-24 Mei 2022 dan dilanjutkan dengan sesi  mentoring dan job fair. Dilanjutkan sesi mentoring pada tanggal 25 Mei sampai 3 Juni 2022  dan ditutup dengan Demo Day pada tanggal 9-10 Juni 2022," jelasnya.

Sementara itu, Andina Paramita dari Ngalup Collaborative Network, berharap, para siswa yang mengikuti kegiatan ini bisa lebih siap dalam menjalani dunia  industri ketika sudah lulus sekolah.

“Kami sangat mendukung program ini. Harapannya, para siswa lebih siap menghadapi dunia kerja dan usaha di secara profesional,” pungkasnya.
   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
SMK Telkom Malang Rahmat Dwi Jatmiko

Berita Lainnya