26/11/2022 Umsida Beri Hadiah Ibadah Umrah untuk Dosen dan Karyawan dengan Kinerja Baik | Jatim TIMES

Umsida Beri Hadiah Ibadah Umrah untuk Dosen dan Karyawan dengan Kinerja Baik

May 13, 2022 12:39
Dari kiri, Rektor Umsida Dr Hidayatulloh M.Si beserta lima karyawan yang mendapatkan hadiah umroh dan ketua BPH Umsida Prof Dr Ahmad Jainuri M.A Ph.D (Foto: Istimewa)
Dari kiri, Rektor Umsida Dr Hidayatulloh M.Si beserta lima karyawan yang mendapatkan hadiah umroh dan ketua BPH Umsida Prof Dr Ahmad Jainuri M.A Ph.D (Foto: Istimewa)

Pewarta: Redaksi | Editor: Heryanto

JATIMTIMES - Peranan seseorang dalam melakukan pengabdian melalui loyalitas dalam dunia kerja memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perubahan sebuah institusi dari waktu ke waktu.

Maka sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja dan loyalitas dosen, karyawan, dan tenaga kependidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memberikan hadiah berupa ibadah umroh kepada 5 orang melalui serangkaian acara Halal Bi Halal dan Launching Unit Bisnis PT Umsida Sinergi Utama, Selasa lalu.

Baca Juga : Golkar, PPP, dan PAN Bersatu Perangi Politik Identitas, Bertekad Membangun Budaya Politik Baru

“Saya benar-benar tidak menyangka kalau dapat hadiah yang sebesar ini dan saya sangat bangga, serta tidak bisa diceritakan karena saya benar-benar sangat senang dan terharu,” ungkap Patricia Diah Hamidi Amd penuh rasa haru kepada tim Umsida, Rabu (11/5).

Hadiah ini diberikan kepada dosen dan pegawai Umsida yang telah mengabdi selama lebih dari 20 tahun dengan kinerja yang baik. Kelima orang penerima hadiah tersebut adalah Drs Mu’adz MAg (masa kerja 33 th), Patricia Diah Hamidi AMd (masa kerja 32 th), Ir Sumarno MM (masa kerja 28 th), Drs Nurasik MM (masa kerja 27 th) dan M Sholeh (masa kerja 22 th).

Patricia menceritakan perjalanannya mengabdi selama 32 tahun di Umsida. Mulanya, ia merupakan staf di bagian perpustakaan sejak tahun 1990 – 1996. “Setelah saya lulus kuliah, saya pernah jadi staf di teknik kampus 2. Kemudian saya dipindah kembali ke perpustakaan sampai tahun 2005,” tuturnya.

Tidak berhenti sampai di sana, Patricia juga sempat menjadi bagian dari Biro Administrasi Umum (BAU) ketika saat itu Rektor Umsida masih Prof Dr Achmad Jainuri MA PhD. “Setelah itu tahun 2015, saya dipanggil Pak Heri untuk memilih di Umsida atau di Smamda, sebab saya dulu kerjanya merangkap di Smamda dan Umsida. Akhirnya saya memilih di Umsida karena dulu pertama kali saya bekerja di Umsida,” jelasnya.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh Drs Mu’adz MAg. Ia mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang diberikan Umsida kepadanya. “Saya tentu amat bersyukur, bahwa selama ini saya dapat berkontribusi pada Umsida, salah satu amal usaha yang bergerak dalam bidang pendidikan, yang sekarang lagi naik daun, berbarengan dengan universitas Muhammadiyah lainnya di kawasan Jawa Timur, meskipun sebenarnya, mungkin masih banyak yang harus ditingkatkan,” tuturnya.

Dosen kemuhammadiyahan itu juga berbagi kisah terkait perjalanannya selama bekerja di Umsida. Ia memulai karirnya sebagai sekretaris di Fakultas Tarbiyah pada awal tahun 1989. Ia mengaku sempat menjadi kepala tata usaha di pascasarjana Umsida dan tahun 2008 menjadi bagian dari LP3 (Lembaga Pengembangan dan Peningkatan Pendidikan).

“Sekitar tahun 2011 saya menjadi Kepala LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), dan tahun 2015 menjadi kepala LP3IK (Lembaga Pengembangan, Peningkatan Pendidikan, Keislaman dan Kemuhammadiyahan). Lalu sejak tahun 2018 hingga sekarang, saya menjadi Kepala  LIK (Lembaga Al Islam & Kemuhammadiyahan) ,” paparnya.

Curahan tenaga dan waktu keduanya secara tidak langsung juga telah memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan Umsida sejak dahulu hingga kini. Mu’dz menyebut, Umsida telah banyak memiliki perubahan, hal itu bisa terlihat dari beberapa peningkatan yang dicapai Umsida.

Baca Juga : Baca Satu Kali Dzikir ini, Pahala akan Terus Mengalir kata Gus Baha

Ia menuturkan, pendirian Umsida diawali dengan adanya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Sidoarjo (STIT – MS) dengan SK Kementerian Agama (Kemenag) tahun 1989. Kemudian dari sana, Umsida terus mengubah statusnya menjadi perguruan tinggi yang diakui oleh masyarakat dan pemerintah.

“Lalu ada beberapa kali berhasil akreditasi dengan hasil baik di beberapa prodi antara tahun 2000 hingga 2008. Demikian juga di LPPM khususnya status lembaga riset Umsida sudah naik dari status binaan menjadi mandiri untuk saat ini,” ujarnya.

Menjadi saksi perjalanan Umsida dalam mewujudkan institusi dengan basis keagamaan yang kuat, ia mengungkap ada beberapa hal yang mungkin juga menjadi bagian dari duka selama bekerja di sana. “Dukanya biasanya kalo ada beberapa target yang masih belum berhasil, karena tentu harus menunggu, seperti pengembangan di beberapa komponen yang masih tertinggal bila dibandingkan dengan kakak kita Universitas Muhamamdiyah Malang (UMM) tentunya,” sambungnya.

Meskipun begitu, baik Patricia maupun Mu’adz, keduanya terus memberikan dukungan agar kedepannya Umsida bisa menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Selain itu, melalui hadiah yang diberikan kepada keduanya, Mu’adz juga berharap agar hal tersebut dapat memotivasi kinerja semua komponen sumber daya yang berada di Umsida dan dapat mengakselerasi kinerja lembaga secara keseluruhan.

“Kita berharap bahwa tahapan-tahapan yang telah dicanangkan oleh universitas dapat dilaksanakan sesuai agenda. Kemudian hal tersebut dapat sejalan dengan visi Umsida untuk menjadi perguruan tinggi unggul inovatif berdasarkan nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat, maka kita berharap bahwa semua kegiatan yang dilaksanakan oleh kampus berorientasi pada tercapainya visi tersebut. Hal ini berarti semua kegiatan akan berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat baik langsung maupun tidak langsung,” pungkasnya.

Nantinya, kelima orang yang terdiri dari dosen dan pegawai Umsida ini akan diberangkatkan Umroh pada bulan September dan Desember 2022 melalui biro umrah Relasi Laksana Wisata milik Pimpinan Wilayah Jawa Timur (PWM JATIM).

Judul berita Umsida Beri Hadiah Ibadah Umrah untuk Dosen dan Karyawan dengan Kinerja Baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
universitas muhammadiyah sidoarjo umsida

Berita Lainnya