Antisipasi Kasus PMK di Sampang, Kapolres Perintahkan Kapolsek dan Bhabinkamtibmas Turun Lapangan | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Antisipasi Kasus PMK di Sampang, Kapolres Perintahkan Kapolsek dan Bhabinkamtibmas Turun Lapangan

May 12, 2022 13:04
Anggota Polres Sampang bersama Dinas Peternakan Sampang saat melakukan pengecekan, Kamis,(12/05/2022).
Anggota Polres Sampang bersama Dinas Peternakan Sampang saat melakukan pengecekan, Kamis,(12/05/2022).

JATIMTIMES – Kapolres Sampang AKBP Arman telah mengeluarkan perintah kepada seluruh kapolsek dan bhabinkamtibmas  untuk turun ke lapangan guna mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak, khususnya sapi. Apalagi, penyakit itu tengah merebak di beberapa kabupaten di Indonesia.

Perintah tersebut merupakan tindak lanjut instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Seperti diketahui, kapolri mengatakan Polri siap melakukan pendampingan serta pengawasan penanganan penyakit mulut dan kuku hewan ternak.

Baca Juga : Wali Kota Malang Resmi Angkat 639 Guru dengan Perjanjian Kerja

AKBP Arman yang diwakili Plh Kasi Humas Polres Sampang Ipda Dody Darmawan  menyampaikan  bahwa Polres Sampang siap bekerja sama dengan Dinas Peternakan Sampang untuk membantu pencegahan penyebaran PMK di Kabupaten Sampang.

“Polres Sampang siap membantu Dinas Peternakan sebagai leading sector terkait adanya penyakit mulut dan kuku hewan ternak. Kami siap membantu dinas terkait melakukan pengecekan ketat terhadap perdagangan hewan ternak agar penyakit ternak tersebut tidak terjadi di Sampang," ucapnya.

Lebih lanjut Dody mengatakan bahwa kapolres Sampang telah memerintahkan kepada seluruh kapolsek, bhabinkamtibmas dan polmas untuk lebih besinergi dengan Dinas Peternakan dan petugas kesehatan kewan di lapangan. Mereka diminta melakukan tracing dan pengecekan apabila ditemukan PMK sekaligus melakukan tindakan cepat dan tepat guna mencegah penyebaran penyakit tersebut ke hewan ternak lainnya.

Dody juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sampang untuk tetap tenang dan tidak panik terkait dengan PMK ternak. “Kami akan bekerja secara maksimal dengan pihat-pihak terkait dalam kegiatan pendampingan serta pengawasan penanganan PMK," ungkapnya.

Baca Juga : Unggah Foto Gus Baha Pakai Logo DPR dan PKS, Mardani Dikecam Warganet

 Dody juga menyampaikan, hasil pengecekan hewan ternak di Pasar Hewan Ketapang yang dilaksanakan Kamis (12/5/2022) hari ini oleh Kapolsek Ketapang AKP Danang Eko Abrianto beserta tim Puskeswan Ketapang serta pengecekan hewan ternak di Pasar Hewan Aeng Sareh Sampang oleh bhabinkamtibmas Desa Aeng Sareh Bripka Andieka S. dan tim kesehatan hewan, tidak ditemukan satu pun hewan ternak yang mengalami penyakit mulut dan kuku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
penyakit mulut dan kuku PMK hewan ternak

Berita Lainnya