Anies Baswedan Disebut Bakal Didukung 4 Partai Ini pada Pilpres 2024 | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Anies Baswedan Disebut Bakal Didukung 4 Partai Ini pada Pilpres 2024

May 11, 2022 08:28
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang digadang-gadang masuk dalam bursa calon presiden (capres) 2024 mendatang. Dalam hasil beberapa survei, nama Anies juga selalu nangkring di urutan 5 besar. 

Namun yang masih menjadi pertanyaan, partai apa yang kelak mengusung Anies di Pilpres 2024? Pasalnya, Anies hingga kini belum terlihat digandeng oleh parpol untuk maju Pilpres 2024. 

Baca Juga : Anggota DPRD Tulungagung Tampung Banyak Aspirasi dari Isu Lingkungan Hingga Keagamaan saat Reses

 

Dalam hal ini, Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima Indonesia) Ray Rangkuti menilai Anies akan didukung oleh Partai NasDem.  "Partai NasDem masuk dan memberi dukungan," ujar Ray Rangkuti. 

Selain NasDem, Ray menduga Anies juga akan didukung tiga  partai lainnya pada Pilpres 2024. Adapun tiga partai yang dimaksud adalah PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Kendati demikian, Ray mengaku ragu terkait potensi Partai NasDem menggiring Anies untuk mendapatkan dukungan dari pemilih moderat. "Masih dalam pertanyaan besar apakah Partai NasDem mampu menarik Anies ke sektor tengah," ucap Ray. 

Menurut dia, koalisi antara Anies dan NasDem akan berjalan mulus. Pasalnya, Anies dan NasDem memiliki kedekatan dari sisi ideologis.

Baca Juga : Airlangga Hartarto Jadi Kandidat Presiden Paling Dipilih dalam Survei LKPI

 

Di sisi lain, ia menilai Anies akan kesulitan untuk kampanye pada Pilpres 2024. Hal itu karena Anies masih menggunakan cara yang sama, yakni isu identitas.  "Salah satu contohnya, seperti yang terjadi di Jakarta International Stadium (JIS)," kata Ray.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Anies Baswedan Pilpres 2024 Partai Politik Calon Presiden

Berita Lainnya