26/11/2022 Satu Anak Meninggal Suspect Hepatitis Akut, Bupati Tulungagung Sampaikan Tips Pencegahan untuk Masyarakat | Jatim TIMES

Satu Anak Meninggal Suspect Hepatitis Akut, Bupati Tulungagung Sampaikan Tips Pencegahan untuk Masyarakat

May 08, 2022 14:04
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo / Foto : Anang Basso / Tulungagung Times
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo / Foto : Anang Basso / Tulungagung Times

Pewarta: Anang Basso | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Paska kejadian balita tewas diduga Hepatitis Akut, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menyampaikan langkah pencegahan ke masyarakat. Langkah ini menurut orang nomor 1 di Kabupaten Tulungagung yakni dengan meminta masyarakat agar tetap tenang, namun tetap waspada.

"Untuk mengatasi penyebaran Hepatitis Akut di Kabupaten Tulungagung bersama ini Saya sampaikan Petunjuk Tehnis Pencegahan," kata Maryoto dalam pesan tertulisnya pada Tulungagung TIMES, Minggu (8/5/2022).

Baca Juga : Sebaiknya Jangan Panggil Mama Papa atau Ayah Ibu, Begini Kata Rasul

Lanjutnya, untuk sementara waktu agar masyarakat hati-hati dan meminta tetap menjaga kebersihan. "Kebersihan cuci tangan sesering mungkin," ujarnya.

Selain itu, ia meminta agar masyarakat tidak makan diluar karena kondisi kotor
dari meja, piring, sendok garpu dan gelas.

"Jangan berenang dulu di tempat tempat umum dan jangan main di play ground dulu," imbuhnya.

Ditambahkan Maryoto, agar masyarakat tidak duduk di tempat yang tidak jelas.

"Jangan duduk-duduk di tempat yang tidak jelas, kalau ke mal jangan pegang-pegang hand railing dinding dan lainnya yang sering dipegang orang," terangnya.

Seperti diketahui, temuan kasus yang diduga merupakan serangan Hepatitis Akut, akibatkan anak berusia 7 tahun meninggal dunia di RSUD dr Iskak Tulungagung. Atas kejadian ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmat memberikan imbauan pada seluruh jajaran termasuk Puskesmas dan Faskes untuk mewaspadai gejala ini.

Dalam audio yang beredar, dan diperkenankan untuk dikutip ini dr Kasil mengatakan bahwa kejadian pasien sangat cepat dan telah dilarikan ke RSUD Dr Iskak dengan suspect Hepatitis Akut dengan gejala sekitar 4 hari.

"Gejalanya, demam,mual muntah dan diare," kata Kasil.

Pasien telah dilakukan pemerintah serologis Hepatitis dan hasilnya negatif.

"Saya minta pada seluruh yang terlibat penanganan pasien kesehatan di dokter swasta, klinik dan Faskes untuk waspada," ujarnya.

Ia meminta agar para dokter dan tenaga medis untuk penanganan pasien agar meningkatkan kewaspadaan terhadap keluhan sebagaimana gejala yang terjadi.

Baca Juga : Ayah di Tulungagung Shock, Temukan Anaknya Tewas di Dasar Kolam Koi Miliknya

"Dilihat sekali lagi perkembangan dan dipantau gejalanya dan jika iterik (kuning) nya untuk segera di rujuk," ucap Kasil.

Sementara, satu-satunyarumah sakit yang menjadi rujukan di Tulungagung adalah RSUD dr Iskak.

"Sementara rujukan kita pusatkan di RSUD dr Iskak karena masih dalam penelitian supaya mudah memantau kasus ini," jelasnya.

Ia juga meminta agar segenap tenaga medis agar melakukan konseling, komunikasi dan edukasi pada pasien, keluarga pasien dan masyarakat.

"Khususnya untuk pencegahan, terhadap sanitasi anak-anak terutama dalam hal makanan. Lakukan edukasi tanpa menakuti supaya tidak timbul kegaduhan," ungkapnya.

Sementara itu, Humas RSUD dr Iskak Tulungagung, Muhammad Rifai membenarkan bahwa pihaknya menerima pasien asal salah satu desa di Kecamatan Kedungwaru yang akhirnya meninggal dunia.

Sesuai dengan kriteria Kementerian Kesehatan dan WHO (World Health Organisasi) atau organisasi kesehatan dunia, ada kriteria yang diantaranya ada gejala penyakit kuning, berusia dibawah 10 tahun, dan tidak ada penyebab lain.

Gejala yang muncul adalah demam, diare, urine berwarna lebih pekat dan feses berwarna pucat.

Gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice akut, dan gejala gastrointestinal (nyeri abdomen, diare dan muntah-muntah.

Judul berita Satu Anak Meninggal Suspect Hepatitis Akut, Bupati Tulungagung Sampaikan Tips Pencegahan untuk Masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
hepatitis akut Maryoto Birowo

Berita Lainnya