Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

4 PT Berencana Bangun Kampus di Bumi Kanjuruhan, Ini yang Disiapkan Pemkab Malang

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Dede Nana

05 - May - 2022, 08:40

Placeholder
Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto.(Foto: Riski Wiayanto/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sebanyak 4 Perguruan Tinggi di Kota Malang rencananya akan merapat dan membangun kampusnya di Kabupaten Malang. Keempat PT tersebut kabarnya adalah Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Islam Malang (UNISMA) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, rencana tersebut bagian dari sinergi Pemerintah Kabupaten Malang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Pemerintah Pusat untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul di Bumi Kanjuruhan. 

Baca Juga : Ini Proyeksi Pemkab Malang Gandeng PT untuk Bangun Kampus di Bumi Kanjuruhan

Sehingga, menuju pada rencana yang serius tersebut, Pemkab Malang juga melakukan persiapan. Salah satunya yakni dengan menyiapkan kekayaan daerah yang dimiliki berupa lahan yang kemungkinan dijadikan bangunan bagi kampus-kampus tersebut. 

"Artinya ketersediaan lahan itu bisa dioptimalkan dengan pola sinergi tersebut," ujar Tomie belum lama ini. 

Menurut Tomie, keberadaan aset Pemkab Malang tersebut memiliki potensi untuk bisa dikembangkan lebih optimal. Salah satunya dengan membangun perguruan tinggi. Dari keempat PT tersebut, Universitas yang telah berkomitmen untuk mengembangkan kampusnya di Kabupaten Malang adalah UB. 

"Di awal akan ada fakultas disini. Sehingga kemarin sudah menjadi kesepakatan insya alloh bulan juli atau juni sudah melakukan aktifitas," terang Tomie. 

Baca Juga : Macam-Macam Sikap Sabar serta Keutamaannya dalam Islam

Tomie menjelaskan, dalam hal ini bentuk sinergitas dari Pemkab Malang untuk merealisasikan rencana itu adalah dengan menyediakan lahan bagi PT tersebut. Lebih tepatnya, menghibahkan sebagian aset lahannya untuk dapat dikembangkan menjadi sebuah PT. 

"Kalau sudah dibangun, memanfaatkan, kita menghibahkan aset ke kampus. Itu kan boleh dan dibenarkan, menghibahkan kepada pemerintah pusat atau Pemprov (Jawa Timur). Sedangkan untuk PT dalam hal ini kewenangan dari Kemenristek Dikti. Sehingga nanti bisa memberikan arti, tidak hanya bagaimana menguatkan SDM unggul," pungkas Tomie. 


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Dede Nana

Pendidikan

Artikel terkait di Pendidikan