04/12/2022 Banyak Manfaat dan Kemudahan, BPJAMSOSTEK Blitar dan Komisi IX RI Kian Gencar Sosialisasikan Program BPU | Jatim TIMES

Banyak Manfaat dan Kemudahan, BPJAMSOSTEK Blitar dan Komisi IX RI Kian Gencar Sosialisasikan Program BPU

Apr 17, 2022 21:52
Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi dan BPJAMSOSTEK Blitar gelar sosialisasi program BPU di Kecamatan Kesamben
Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi dan BPJAMSOSTEK Blitar gelar sosialisasi program BPU di Kecamatan Kesamben

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Blitar terus berupaya melakukan perluasan kepesertaan dengan sasaran pekerja bukan penerima upah (BPU). Upaya yang kini tengah gencar dilaksanakan adalah sosialisasi bersama anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi dan Pemerintah Kabupaten Blitar.

Terkini, sosialisasi segmen BPU digelar di Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar. Agenda ini menghadirkan peserta dari kalangan pekerja informal diantaranya pedagang, sopir angkutan umum hingga petani. 

Baca Juga : Viral Pelajar Diterima di 6 Universitas Belanda dan Kanada, Pelajar Asal Malang ini Juga Lolos Beasiswa LN Loh

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Blitar Agus Dwi Fitriyanto mengatakan mengatakan, sosialisasi manfaat dan program BPU BPJAMSOSTEK bagi pekerja informal terus dilakukan. Sosialisasi yang gencar dilakukan diharapkan akan memberikan informasi secara mendalam kepada pekerja informal terkait dengan program BPU. 

 ‘’Sosialisasi program BPU terus kita lakukan. Sudah banyak desa di wilayah kerja kami yang mendapatkan sosialisasi ini. Kami ingin pekerja informal akan mendapatkan informasi mengenai program BPU dan bisa terlindungi dengan program BPJAMSOSTEK,” kata Agus.

Agus menambahkan, baik pekerja formal maupun informal sama-sama memiliki risiko dalam bekerja. Apalagi dalam kondisi pandemi sekarang ini membuat siapapun perlu untuk mendapatkan jaminan sosial.

Program yang ditawarkan BPJAMSOSTEK pada segmen BPU ini sangat menarik. Dengan iuran mulai Rp 16.800/bulan, peserta BPJAMSOSTEK akan mendapatkan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Bahkan ada program tambahan yaitu Jaminan Hari Tua (JHT) juga dapat dimanfaatkan bagi para pekerja informal tersebut.

"Kami terus sampaikan manfaat program dan kemudahan mendaftar menjadi peserta BPJAMSOSTEK segmen BPU.Kami berharap dengan sosialisasi ini pekerja informal segera mendaftarkan diri menjadi peserta. Penting menjadi BPJAMSOSTEK, para pekerja akan mendapat perlindungan dari risiko-risiko sosial,’’ tukasnya. 

Dalam sosialisasi ini, BPJAMSOSTEK juga memaparkan beragam manfaat yang didapatkan dengan ikut serta menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tersebut. BPJAMSOSTEK juga telah menyalurkan berbagai manfaat kepada peserta dan ahli waris.

Baca Juga : Pelantikan Pengurus Partai NasDem di Lumajang Membludak

Lebih lanjut Agus menyampaikan, BPJAMSOSTEK terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Saat ini di era digital, pembayaran bagi peserta BPJAMSOSTEK semakin dipermudah dengan layanan bisa lewat kantor pos dan agen BRILink yang tersedia di setiap desa yang ada di Blitar.

"Kami sudah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan Agen BRILink, sehingga masyarakat Blitar bisa mendaftar dan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah. Ini sangat mudah dan cepat prosesnya," paparnya.

Dalam  kesempatan yang sama, anggota Komisi IX DPR RI dari Partai Nasdem Nurhadi menyampaikan DPR RI dari Komisi IX mendukung penuh program-program BPJAMSOSTEK salah satunya program BPU yang ditujukan untuk pekerja di sektor informal. Program BPU tersebut ditujukan untuk para pekerja informal dan mandiri seperti pekerja bangunan, sopir, buruh angkut pasar, tukang ojek, pedagang sayur, dan lainnya. 

‘’Untuk program BPU ini banyak sekali manfaat dan kemudahanya. Bagi pekerja yang mengalami kecelakaan kerja selain mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa batas, kemudian pengganti penghasilan yang hilang dan santunan kematian, para peserta juga akan mendapatkan beasiswa untuk anaknya,’’ pungkas Nurhadi.

Judul berita Banyak Manfaat dan Kemudahan, BPJAMSOSTEK Blitar dan Komisi IX RI Kian Gencar Sosialisasikan Program BPU.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
BPJAMSOSTEK BPJS Ketenagakerjaan

Berita Lainnya