26/11/2022 UMi Ramadan Fair 2022 Hadir di Jakarta, Hadirkan Pelatihan hingga Layanan Konsultasi | Jatim TIMES

UMi Ramadan Fair 2022 Hadir di Jakarta, Hadirkan Pelatihan hingga Layanan Konsultasi

Apr 16, 2022 12:03
Beberapa booth yang terpasang di UMi Ramadhan Fair 2022 (foto: istimewa)
Beberapa booth yang terpasang di UMi Ramadhan Fair 2022 (foto: istimewa)

Pewarta: Hendra Saputra | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Pemerintah melalui Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Investasi Pemerintah (PIP) memberikan akses permodalan dan pemberdayaan UMKM, khususnya pelaku usaha perempuan melalui program pembiayaan ultra mikro (UMi).

Program UMi selain memberikan pembiayaan juga dukungan berupa pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha ultra mikro, termasuk pelaku usaha perempuan. Dukungan pelatihan dan pendampingan, antara lain pengurusan legalitas usaha, peningkatan kapasitas usaha, serta digitalisasi dalam hal penggunaan uang elektronik, pemasaran online, dan lain-lain.

Baca Juga : Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Dokter Muda FK UB, Ternyata Ayah Kekasih Korban

Nah, pada momen bulan suci Ramadan 1443 hijriah, Pusat Investasi Pemerintah berkomitmen terus mendukung ekosistem pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) serta memfasilitasi kebutuhan pembiayaan bagi masyarakat pelaku usaha.

Berkenaan dengan itu, PIP menyelenggarakan kegiatan UMi Ramadan Fair berkolaborasi dengan dua event yang ada di Jakarta, yaitu Bazar Ramadan Fair di Lapangan Banteng yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta pada Senin (11/4/2022) hingga Rabu (20/4/2022). Event selanjutnya, Istiqlal Halal Expo 2022 yang diselenggarakan Badan Pengelola Masjid Istiqlal pada Jumat (15/4/2022) hingga Minggu (24/4/2022).

Konsep kegiatan Umi Ramadan Fair, yakni membuka booth pembiayaan Umi. Di situ disediakan informasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pembiayaan Umi. Tersedia juga booth layanan konsultasi dan edukasi terkait legalitas usaha, perpajakan, dan ekspor.

“Kegiatan tersebut bekerja sama dengan unit-unit Kementerian Keuangan, antara lain Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Pajak, Ditjen Bea & Cukai, Ditjen Kekayaan Negara, dan lembaga lain seperti BKPM, PNM, dan Pegadaian,” tulis BLU PIP sebagaimana rilis yang diterima JatimTIMES, Jumat (15/4/2022).

Selanjutnya, booth promosi produk dari debitur Umi pada zona bazaar murah mencakup jenis produk kuliner, kriya atau kerajinan, dan produk fashion. Panitia juga menyelenggarakan kegiatan talkshow bertema Muda Berwirausaha: From Job Seeker to Job Creator yang akan dilaksanakan pada Senin (18/4/2022) pukul 16.00 WIB-17.45 WIB di Lapangan Banteng.

Baca Juga : Tetap Bugar dan Sehat saat Puasa, Bersepeda dan Asupan Nutrisi Seimbang Jadi Tips Berpuasa Ala Gubernur Khofifah

Talkshow menghadirkan pembicara dari pelaku usaha debitur pembiayaan Umi dan praktisi pendampingan usaha. Acara itu untuk mengajak kawula muda berani berwirausaha dan tidak takut memulai usaha.

Ada juga talkshow bertema Tips Mengelola Keuangan dan Mengembangkan Usaha yang akan diselenggarakan pada Selasa (19/4/2022) pukul 15.45 WIB-17.45 WIB di Masjid Istiqlal. Talkshow menghadirkan pembicara dari Bank Indonesia, praktisi pendampingan usaha, dan pelaku usaha debitur pembiayaan Umi.

“Selain kegiatan tersebut juga ada coaching clinic on boarding UMKM. Memberikan edukasi kepada pelaku UMKM untuk dapat mengakses pemasaran e-marketing bekerja sama dengan platfom Grab Indonesia dan Choop,” jelasnya.

Judul berita UMi Ramadan Fair 2022 Hadir di Jakarta, Hadirkan Pelatihan hingga Layanan Konsultasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pelaku usaha perempuan umi ramadan fair

Berita Lainnya