26/11/2022 Enam Masjid Paling Megah di Eropa | Jatim TIMES

Enam Masjid Paling Megah di Eropa

Apr 15, 2022 12:24
Masjid Mezquita de Gordoba, Spanyol (Foto; Google Image)
Masjid Mezquita de Gordoba, Spanyol (Foto; Google Image)

Pewarta: Redaksi | Editor: Heryanto

JATIMTIMES - Islam telah tersebar di seantero dunia, mulai benua Asia, Eropa, Afrika hingga Australia telah disentuh dengan keindahan dan keramahan agama Islam. 

Benua Eropa yang menjadi tempat bernaung negara-negara maju bahkan telah memiliki masjid yang megah dan menjadi pusat pendidikan Islam di negara tersebut, berikut daftar lengkapnya.

1. London Central Mosque, Inggris

London Central Mosque, Inggris

Masjid ini biasa disebut Masjid Regent's Park, karena berada di Regent's Park merupakan sebuah kawasan mewah di London. 

Masjid ini dibangun sebagai penghargaan pemerintah Inggris kepada kaum muslimin yang membela Inggris dan sekutunya saat Perang Dunia ke 2. 

Di masjid ini terdapat layanan, perpustakaan dan keagamaan, melalui layanan ini kita dapat bertanya seputar agama Islam mulai Fiqih, Aqidah, sampai permasalahan kontemporer.

2. Grande Mosquée de Paris, Perancis

Grande Mosquée de Paris, Perancis

Memiliki dua kubah masjid, rumah ibadah kebanggan muslim Perancis ini terletak di kawasan Arondisemenre. Berdirinya masjid ini sebagai hadiah pemerintah Perancis kepada umat Islam yang berjasa ikut melawan pasukan Jerman pada perang dunia ke 2. Masjid ini memiliki menara setinggi 33 meter dengan kubah masjid

Di masjid ini kita dapat menikmati Couscous (sejenis biji-bijian yang berbentuk seperti nasi khas Maroko) yang disajikan bersama teh panas rasa mint.

3. Akhmad Kadyrov Mosque, Rusia

Akhmad Kadyrov Mosque, Rusia

Terletak di kota Chechnya, Rusia. Masjid ini dapat menampung hingga 10.000 jemaah, dulunya bangunan ini adalah bekas markas besar partai Komunis. Masjid ini memiliki menara setinggi 63 meter, dan mempunyai fasilitas seperti, madrasah, asrama, dan badan kajian agama Islam.

4. Centro Islamico Culturale d'Italia Grande Moschea di Roma, Italia

Walau kota Roma adalah pusat agama Katolik dimana Vatikan sebagai kiblatnya, namun masjid bisa berdiri megah. Masjid ini bergaya ala Romawi Kuno. Rumah ibadah ini menjadi pusat kebudayaan Islam di Roma.

5. Moscow Cathedral Mosque, Rusia

Moscow Cathedral Mosque, Rusia

Masjid ini berdiri megah di sebelah stadion olimpiade. Dinamakan ''Katedral'' karena mayoritas masyarakat Moskow beragama Kristen-Ortodox yang menyebut gereja besar sebagai katedral. Masjid ini terdapat perpustakaan, lembaga pendidikan Islam dan lift khusus kaum distabilitas.

6. Mezquita de Gordoba, Spanyol

Mezquita de Gordoba, Spanyol

Masjid ini salah satu masjid bersejarah karena masjid ini merupakan saksi kekuasaan Islam Spanyol di bawah pemerintahan Dinasti Umayyah. Namun masjid ini sudah berubah menjadi katedral seiring dengan adanya Kristenisasi pada abad ke 16. Meski begitu bangunan ini tetap dijadikan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 1994.

Judul berita Enam Masjid Paling Megah di Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Masjid Megah Eropa Kejayaan Islam

Berita Lainnya