Panglima TNI Dukung Demo Mahasiswa, Rocky Gerung: Tentara di Belakang Mahasiswa | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Panglima TNI Dukung Demo Mahasiswa, Rocky Gerung: Tentara di Belakang Mahasiswa

Apr 11, 2022 08:17
Rocky Gerung (Foto: IST)
Rocky Gerung (Foto: IST)

JATIMTIMES - Pengamat politik Rocky Gerung menanggapi soal dukungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa agar aparat keamanan tidak represif dalam menghadapi aksi demonstrasi mahasiwa yang rencananya akan digelar Senin (11/4/2022). Sikap Andika itu, dinilai Rocky menandakan dukungan tentara terhadap mahasiswa.

"Jadi sinyal Andika tentu dikoordinasikan dengan kepolisian bahwa 'oke aman-aman aja. Artinya tentara bakal ada di belakang mahasiswa. Gampangnya begitu bacanya," ujar Rocky dikutip dari akun YouTube Rocky Gerung Official. 

Baca Juga : Taat Konstitusi, Partai Golkar Tegaskan Dukung Pemilu 2024 Digelar Sesuai Jadwal

Beberapa waktu belakangan, Rocky memang berpendapat bahwa Andika dapat momentum dukungan publik. Rocky mencontohkan saat Andika mengizinkan anak cucu mantan anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk mendaftar sebagai prajurit TNI.

"Jadi terlihat dalam analisis akademis, Andika itu paham pemisahan antara politik sipil dan politik militer, yang enggak boleh tentu kalau Andika ikut campur membuat UU tentang PKI, tapi Andika hanya buat peraturan panglima, dan itu biasa aja," kata Rocky. 

Kini, kata Rocky, manuver Andika naik satu tingkat dengan bertemu Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattaliti dan menyatakan dukungan agar tak ada tindakan represif dalam pengamanan aksi hari ini. 

"Itu mungkin sinyal, memperlihatkan tentara punya penciuman yang lebih peka terhadap keadaan dibanding dengan politisi. Politisi kan manut-manut aja pada Presiden. Tapi Andika mulai tahu dia kasih jarak dari kekuasaan. Bahwa dia ada di belakang aktivitas masyarakat sipil yang berbasis konstitusi," lanjut Rocky. 

"Jadi para mahasiswa aman karena Pak Andika menjaminkan itu melalui sinyal pertemuan panglima militer dengan panglima masyarakat daerah (Ketua DPD)," ucap Rocky menambahkan.

Seperti diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebelumnya mendukung pernyataan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, agar aparat keamanan tidak represif dalam menghadapi aksi mahasiswa. Hal itu disampaikan Andika saat mengunjungi LaNyalla di Rumah Dinas Ketua DPD RI, Jakarta, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga : Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Demo BEM SI

Dalam pertemuan itu, Andika dan LaNyalla membahas dinamika yang terjadi belakangan ini. Terutama aksi-aksi mahasiswa di beberapa kota, termasuk rencana aksi besar Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang akan digelar hari ini. 

"Kami berterima kasih sudah diingatkan oleh Ketua DPD RI. Memang pasukan kami sudah di-BKO ke Polda dan Polres untuk antisipasi aksi. Tetapi kami tegaskan bahwa TNI dan seluruh jajaran tetap disiplin, sesuai tugas pokok dan fungsi serta kewenangannya," kata Andika dalam keterangan tertulis. 

Menurut Andika, demonstrasi adalah hak politik masyarakat untuk berpendapat yang dijamin konstitusi dan dilindungi Undang-undang. Namun Andika mengingatkan agar demonstrasi yang dilakukan, tak merusak fasilitas umum maupun infrastruktur yang ada.

"Karena yang rugi kita semua. Suara rakyat pasti didengar oleh pemerintah. Termasuk suara dari Pak Ketua DPD RI yang merupakan tokoh di negeri ini," cetus Andika. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Panglima TNI demo 11 april Rocky Gerung

Berita Lainnya