6 Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Sakit Lambung ala dr. Zaidul Akbar | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

6 Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Sakit Lambung ala dr. Zaidul Akbar

Apr 05, 2022 08:49
Ilustrasi (Foto: elitelv.com)
Ilustrasi (Foto: elitelv.com)

JATIMTIMES - Seluruh umat muslim saat ini tengah menjalankan ibadah puasa 1443 Hijriah/ 2022. Saat menjalankan puasa, tak sedikit penderita lambung yang merasa khawatir jika penyakit yang dideritanya kambuh kapan saja.

Hal itu tentu akan menjadi kendala saat berpuasa. Sebenarnya banyak cara untuk menjaga kesehatan lambung, salah satunya yakni dengan menjaga asupan makanan.

Baca Juga : Pastikan Prokes, Satgas Covid-19 Bondowoso Gelar Vaksinasi di Bazar Ramadan

Oleh sebab itu, kali ini dokter sekaligus seorang praktisi herbal dr. Zaidul Akbar membagikan beberapa tips mudah menjaga kesehatan lambung saat puasa.

Menurutnya, 80 persen kekebalan tubuh manusia ada pada lambung. Sehingga jika kekebalan tubuh seseorang mudah menurun, dr. Zaidul Akbar menerangkan bahwa ada yang tidak beres dengan lambungnya.

"Zaman sekarang orang-orang memiliki lambung yang tidak seimbang sehingga dikit-dikit sakit, dikit-dikit lambung kambuh," ujar dr. Zaidul Akbar.

Dilansir dari kanal Youtube dr. Zaidul Akbar Official, Selasa (5/4/2022), berikut 6 tips dari dr. Zaidul Akbar untuk menjaga kesehatan lambung agar lancar saat puasa.

1. Konsumsi air tajin

Sering dan rutin mengkonsumsi air tajin ternyata berguna untuk menjaga kesehatan lambung. Minimal 1 gelas setiap harinya.

"Adapun untuk jenis beras dr. Zaidul Akbar mengatakan beras apapun bisa asal bebas dari residu," ungkap dr. Zaidul Akbar.

2. Konsumsi alpukat, pisang dan kurma

Tiga jenis buah itu punya kadar amilum yang tinggi, sehingga bisa dikonsumsi agar lambung terisi dan tidak kosong.

Karena jika lambung kosong hal tersebut bisa menjadi masalah. Alpukat, pisang dan kurma juga mengandung amilum tinggi sehingga bagus untuk menjaga kesehatan lambung.

3. Sering konsumsi buah-buahan dengan tingkat kematangan normal

Baca Juga : Cara Ampuh Atasi Lendir Pada Saluran Pernapasan, Resep dr Zaidul Akbar ini Bisa Dicoba

Yang dimaksud disini yaitu buah-buahan yang tidak terlalu matang, atau hampir mendekati busuk.

Karena selain sudah tak layak dimakan biasanya pada buah-buahan tertentu pembusukan akan mengandung kadar alkohol sehingga membuat lambung akan menjadi bermasalah.

4. Konsumsi tepung yang non gluten

Jika ingin tetap mengkonsumsi tepung diusahakan jangan tepung, bisa diganti dengan bahan non gluten. Penggantinya bisa dengan mocaf (modified cassava flour) itu bisa digunakan untuk pengganti tepung untuk gorengan.

5. Perbanyak konsumsi kurma, habbatussauda, zaitun dan madu

Konsumsi kurma, habbatussauda, zaitun dan madu juga dapat membantu kesehatan lambung.

6. Tingkatkan konsumsi sayur dan buah

Menjaga kesehatan lambung dengan meningkatkan konsumsi sayur dan buah hingga 80 persen. Untuk buah-buahan kecuali cempedak, nangka dan durian hindari buah tersebut karena mengandung kadar alkohol yang tidak bagus untuk lambung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
menjaga kesehatan lambung tips jaga kesehatan lambung

Berita Lainnya