26/11/2022 Menu Sahur Sehat Saat Puasa Ramadan ala dr. Zaidul Akbar, Cukup dengan 2 Bahan | Jatim TIMES
Menu Buka dan Sahur

Menu Sahur Sehat Saat Puasa Ramadan ala dr. Zaidul Akbar, Cukup dengan 2 Bahan

Apr 04, 2022 08:35
Ilustrasi (Foto: shutterstock.com)
Ilustrasi (Foto: shutterstock.com)

Pewarta: Desi Kris | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Dua hari sudah kita menjalani ibadah puasa Ramadan. Meski di bulan puasa, tentu kita ingin tubuh selalu sehat. 

Terlebih kondisi cuaca yang tidak menentu dan masih dalam pandemi Covid-19. Memasuki bulan Ramadan, seluruh umat muslim pasti akan menjalankan makan sahur dan berbuka.

Baca Juga : Lima Tanda Allah Sangat Mencintai Hambanya

Untuk memilih menu sahur dan berbuka sebenarnya tidak perlu mewah. Cukup menu sederhana namun memiliki khasiat yang luar biasa terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Oleh sebab itu, kali ini dr. Zaidul Akbar yang merupakan dokter dan pendakwah akan membeberkan menu sehat sahur hanya dengan mengkonsumsi 2 bahan saja.

Dua bahan sederhana yang dimaksud dr. Zaidul Akbar untuk dikonsumsi saat sahur adalah air putih dan kurma.

"Pilihan menu untuk sahur, cukup dengan minum air putih dan kurma saja," ujar dr. Zaidul Akbar seperti dikutip dari video di kanal YouTube Bisikan.com Senin (4/4/2022). 

Untuk diketahui, kandungan enzim pada kurma sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur, agar tubuh merasa kenyang lebih lama. Kemudian setelah makan kurma, dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan.

Selain menu untuk sahur, dr. Zaidul Akbar pun menyarankan untuk memilih menu berbuka yang sehat juga yakni dengan meminum minyak.

Baca Juga : Peserta Didik Sespimmen Dikreg ke-62 Tahun 2022 Gelar Baksos

"Minyak terbaik yang dapat dikonsumsi tersebut, yakni minyak zaitun," tutur dr. Zaidul Akbar.

Alasan dipilih minyak zaitun, karena minyak ini mengandung mufa yang merupakan unsaturated fatty acid golongan medium. Namun jika tak ada minyak zaitun, bisa pakai minyak VCO, dan apabila tetap tidak ada, bisa menggunakan santan untuk diminum.

Santan yang bisa digunakan yaitu santan peras alami, bukan yang dalam kemasan. Santan tersebut bisa dicampur madu dan juga jahe.

Komposisi santan, hampir setara dengan ASI terutama dalam kandungan protein dan lemaknya. 

Judul berita Menu Sahur Sehat Saat Puasa Ramadan ala dr. Zaidul Akbar, Cukup dengan 2 Bahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Menu Buka Puasa menu sahur bergizi

Berita Lainnya