07/02/2023 Lelucon Kontroversial Presenter Chris Rock yang Berujung Tamparan Will Smith, Simak 4 Fakta Berikut! | Jatim TIMES

Lelucon Kontroversial Presenter Chris Rock yang Berujung Tamparan Will Smith, Simak 4 Fakta Berikut!

Apr 01, 2022 14:31
Chris Rock (Foto: Istimewa).
Chris Rock (Foto: Istimewa).

Pewarta: Theresia Melania | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Beberapa hari yang lalu, kehebohan terjadi karena insiden penamparan terhadap  Chris Rock sebagai presenter dalam panggung Oscar 2022 oleh aktor Will Smith. 

Insiden tersebut menyita atensi publik. Pasalnya, Will Smith menampar Chris Rock di atas panggung acara bergengsi. Hal itu dilakukannya karena tidak terima istrinya dijadikan bahan lelucon oleh Chris Rock. 

Baca Juga : Tips Membuat Takjil Lezat nan Sehat, Cocok Bagi yang Sedang Diet

Usai menampar Chris Rock, Will Smith langsung kembali ke tempat duduknya dan  dengan keras berteriak ke arah Chris Rock. “Jangan sebut nama istriku dengan mulut kotormu!,” teriak Will Smith.

Diketahui, istri Will Smith, yakni  Jada Pinkett Smith, mengalami kebotakan akibat alopecia, yaitu salah satu kondisi rambut rontok karena autoimun.

Kendati demikian, selesai acara Will Smith pun menangis dan meminta maaf karena telah menampar Chris Rock. Ia juga turut meminta maaf kepada sejumlah pihak seperti  Academy Awards, produser acara, para tamu undangan, hingga seluruh penonton Oscar 2022.

Selain sebagai pembawa acara, Chris Rock juga dikenal sebagai komedian yang berani melemparkan joke berisiko. Pasalnya, dalam membawakan acara di New York Film Critics Circle Awards 2019, Chris Rock menyebut cancel culture dan membuat para komedian bermain aman dengan membuat lelucon tidak lucu dan basi.

Kehebohan di Oscar 2022 rupanya bukan kali pertama Chris Rock terlibat dalam sebuah kontroversi. Terdapat juga beberapa lelucon Chris Rock yang berujung kontroversi.

1. Menyinggung Orang Asia di Panggung Oscar 2016

Di tengah memandu acara Oscar 2016, Chris Rock melontarkan guyonan yang berbau SARA dengan menampilkan stereotip orang Asia di atas panggung. Kemudian ia mendatangkan tiga anak Asia ke panggung dan menyebut mereka sebagai akuntan yang bernama Bao Ling, Ming Zhu, dan David Moskowitz.

“Barangkali ada yang tersinggung dengan guyonan ini. Cuitkan saja ponselmu yang dibuat oleh anak-anak ini,” ucapnya, yang merujuk pada dugaan eksploitasi pekerja anak di pabrik elektronik China. 

Lelucon itu akhirnya mengundang reaksi dari komunitas Asia di dunia maya. Tak sedikit rekan-rekan Chris yang mengkritiknya, termasuk George Takei dan Sandra Oh melalui surat yang dikirm kepada Academy Awards. 

2. Membuat Lelucon tentang Orang Berkulit Putih sebagai Pelaku Penembakan Masal

Pada tahun 2019 yang lalu, yang menjadi sasaran lelucon Chris Rock adalah orang yang berkulit putih. Chris menyebut melalui sebuah unggahan meme  bahwa pelaku penembakan masal itu pasti orang kulit putih. “Hal pertama yang diucapkan orang-orang ketika ada berita penembakan masal,” terangnya.

Selain itu, Chris  menyertakan seorang aktris senior Betty White sebagai pelesetan dari frasa ‘bet he [‘s] white’ yang berarti ‘pasti orang kulit putih.’

Baca Juga : Tiket KA untuk Mudik Sudah Bisa Dipesan Mulai Sekarang, Begini Cara Bookingnya

Sementara itu, publik mengecap unggahan meme itu sebagai tindakan rasis serta menyepelekan masalah serius yang sedang dialami masyarakat Amerika Serikat. Terlebih lagi, meme tersebut diunggah beberapa hari setelah dua kasus penembakan masal dengan puluhan korban jiwa di El Paso dan Dayton.

3.  Membuat Lelucon yang Menyinggung Kaumnya Sendiri

Tahun 1996 nama Chris Rock melejit karena lelucon yang dibuatnya. Namun, ternyata hal itu berujung kontroversi di antara komunitas orang kulit hitam Amerika Serikat.

“Siapa yang lebih rasis, orang kulit hitam atau orang kulit putih? Orang kulit hitam! Kau tahu kenapa? Karena kita sendiri membenci orang kulit hitam! Semua hal yang dibenci orang kulit putih dari orang kulit hitam, orang kulit hitam malah lebih benci lagi,” ucapnya saat itu.

Selain itu, Chris juga menyebut sebagian orang kulit hitam dengan panggilan ‘nigga’ dan berharap mereka tersingkir.  “Oh, aku benci n*****”," ujarnya.

Belasan tahun kemudian, Chris mengakui kalau lelucon tersebut membuat orang-orang rasis merasa mereka ‘mendapa angin’ untuk mengucapkan kata berawalan N yang dianggap tabu tersebut.

4.  Membuat Lelucon Aiksi Narkoba Whitney Houston

Tahun 2016 lalu, Chris beberapa kali mengunggah lelucon sensitif di media sosial. Chris pernah menyasar mendiang Whitney Housten yang kecanduan narkoba semasa hidupnya lewat Twitter.

Komentar ini menimbulkan kontroversi, karena dianggap terlalu sensitif terhadap seseorang yang sudah meninggal dunia. Apalagi, Chris Rock merupakan salah satu teman mendiang.

Unggahannya juga ditanggapi negatif oleh mantan suami Houston, Bobby Brown. “Di era pemberdayaan perempuan saat ini, kau memilih ini untuk mempermalukan Ratu kita!!! Kupikir kau adalah teman keluarga ini," kata Brown.

Judul berita Lelucon Kontroversial Presenter Chris Rock yang Berujung Tamparan Will Smith, Simak 4 Fakta Berikut!.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Chris Rock Kontroversi Chris Rock

Berita Lainnya