02/02/2023 Unisba Sukses Gelar Kompetisi Blitar Robotic Cup Tingkat Pelajar | Jatim TIMES

Unisba Sukses Gelar Kompetisi Blitar Robotic Cup Tingkat Pelajar

Mar 28, 2022 16:06
Prodi Siskom FTI Unisba Blitar sukses menggelar Blitar Robotic Cup ke-1 Tahun 2022
Prodi Siskom FTI Unisba Blitar sukses menggelar Blitar Robotic Cup ke-1 Tahun 2022

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Prodi Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar sukses  menggelar lomba robotic dengan tema ‘Blitar Robotic Cup ke-1’ Tahun 2022. Kegiatan ini Prodi Siskom FTI Unisba Blitar bekerjasama dengan PT Robotic Jakarta dan CV Algorista Robotic Blitar.

Kompetisi Blitar Robotic Cup diikuti peserta dari kalangan pelajar. Agenda ini melombakan beberapa kategori masing-masing tingkat SMA/SMK/MA, tingkat SMP/MTS dan tingkat SD/MI. Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu 26 Maret 2022 berjalan sukses dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga : Inovasi Layanan Medis, RSD Balung Jember Kini Punya Layanan Rehab Medik

‘’Blitar Robotic Cup ke-1 Tahun 2022 merupakan lomba robotic perdana yang diselenggarakan Prodi Sistem Komputer Unisba Blitar. Kegiatan ini diharapkan dapat memacu geliat robotica di kalangan pelajar mulai dari jenjang tingkat SD sampai dengan SMA,’’ kata Dosen Sistem Komputer Unisba Blitar Haris Yuana selaku Ketua Panitia Kegiatan Blitar Robotic Cup.

Selain kompetisi robotic kegiatan ini juga diisi dengan workshop. Diharapkan pelajar yang belum pernah belajar mengenai robotic bisa mendapatkan sosialisasi yang baik dan mendapat skill baru melalui workshop ini.

‘’Workshop yang digelar ini gratis. Harapannya mereka akan bisa lebih memahami robotic secara mendalam,’’ imbuh Haris.

Para pelajar terlihat bersemangat mengikuti kompetisi Robotic yang digelar kali ini. Dalam lomba ini para pelajar yang hadir mewakili sekolahnya mengikuti lomba ini dengan membuat robot secara berkelompok.

‘’Robot dari masing-masing kelompok mempersentasikan di depan juri dan mendemokan robotnya. Dari robot yang disajikan nyata terlihat kreativitas anak-anak Blitar tidak kalah dengan kota-kota besar lainya. Mereka mampu merakit robot-robot yang cukup bagus dan bermanfaat,’’ terangnya.

Suksesnya kompetisi Blitar Robotic Cup ke-1 mendapat apresiasi dari Rektorat Unisba Blitar. Rektor Unisba Blitar Soebiantoro mengaku bangga dengan penyelenggaraan kompetisi robotik yang digelar Prodi Sistem Komputer Unisba Blitar. Animo besar dari sekolah-sekolah yang mendaftarkan diri menjadi peserta tentunya ini menjadi prestasi tersendiri dari pihak penyelenggara.

‘’Unisba Blitar harus terus hadir menebar kemanfaatkan kepada masyarakat sebagai salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Saya berharap kegiatan yang bagus seperti ini kedepan bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. Sedini mungkin anak diperkenalkan dengan teknologi, agar dapat mengembangkan robotic yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia,’’ ucap Soebiantoro.

Berikut Daftar Pemenang Lomba Robotic Cup ke-1 Unisba Blitar :

Tingkat SMA/SMK/MA

Excellent award : Puad Azif Zafa – SMKN 1 Kademangan

Tingkat SMP/MTS 

Silver Award : Mazidane Jefindra Ahmad - SMP Alam Al Ghifari Blitar

Tingkat SD/MI

Baca Juga : Dianggap Perjuangkan NU, Ratusan Warga Jatim Antre Daftar Relawan Muhaimin Capres 

Grand Gold Award : Achmad Achsanul Lisan - SD Muhammadiyah Blitar dan Sri Sakti Wiryo Basundoro - SD Muhammadiyah Blitar

Bronze Award :

UB - SD IT Al Hikmah Bence Blitar

Arva Kawiswara Dharma - SD IT Al Hikmah Bence Blitar

Special Award :

Cato Hanni Pratama - SDN Karanggayam 1

Faridian Azka Wiratama – SD Islam Kota Blitar

Excellent Award :

Muhammad Faiq D - SDI Al Munawwar Tulungagung

Judul berita Unisba Sukses Gelar Kompetisi Blitar Robotic Cup Tingkat Pelajar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
lomba robotic blitar robotic cup

Berita Lainnya