Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Selebriti

Di Tengah Sorotan, Ini Perjalanan Bisnis Juragan 99: Dari Garasi hingga Kini Bawahi 20 Unit Bisnis dengan 2.000 Karyawan

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

28 - Mar - 2022, 11:24

Placeholder
Juragan 99 (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Nama Juragan 99 alias Gilang Widya Pramana belakangan menjadi buah bibir banyak orang. Itu  seiring sorotan atas kekayaannya yang dinilai “tidak wajar” karena baru beberapa tahun merintis bisnis.

Banyak yang menduga kekayaan Gilang dan istrinya, Shandy Purnamasari, adalah “titipan” dari salah satu konglomerat Indonesia. Apalagi, belakangan terbongkar bahwa jet pribadi yang diakui Gilang sebagai hadiah ulang tahun istrinya ternyata hanya pesawat sewaan.

Baca Juga : Paint Festival, Ada Harga Spesial Produk Nippon Paint di Graha Bangunan

Namun, atas semua keraguan terhadap kekayaan Gilang dan istrinya, CEO J99 Corp Danang Dwi Yuanto angkat bicara. Danang mengatakan kekayaan keduanya berkat kerja keras membesarkan bisnis.

Danang mengaku sebagai saksi mata perjuangan Gilang dan Shandy selama ini. Pasalnya, saat keduanya mulai merintis usaha, Danang merupakan tetangga Gilang dan Shandy. 

"Saya lihat sendiri waktu itu kondisinya kayak apa mereka membangun bisnis ini di garasi rumah mereka," ujar Danang.

Cikal bakal J99 Corp sendiri berawal dari bisnis penjualan kosmetik yang dilakukan Shandy pada tahun 2013. Saat itu brand MS Glow belum ada. Namanya masih CV Cantik Skincare.

Di bawah CV Cantik Skincare, Shandy menjalankan bisnis reseller produk kosmetik. Lalu, dua  tahun kemudian barulah produk MS Glow diciptakan di bawah CV Cantik Indonesia. 

Saat itu produksi MS Glow masih dilakukan dengan cara maklun atau maklon, yakni menggunakan jasa manufaktur dari pabrik lain. Barulah pada 2018, MS Glow diproduksi pabrik sendiri di bawah PT Kosmetika Global Indonesia (KGI).

Masih berkaitan dengan produk kecantikan dan perawatan diri, Shandy dan Gilang juga membangun klinik kecantikan MS Glow pada 2017 di Malang. Seiring dengan perkembangan bisnis yang dijalankan, CV Cantik Indonesia yang sebelumnya membawahi MS Glow berubah menjadi PT Kosmetika Cantika Indonesia (KCI) pada 2020. 

Hingga akhirnya pada 2022, klinik MS Glow telah tersebar ke 14 kota di Indonesia. Di bawah KCI, distribusi dan pemasaran produk-produk MS Glow dan turunannya sukses dijalankan. 

Sedangkan KGI dijalankan sebagai bisnis manufaktur, termasuk produk MS Glow dan jasa maklon untuk produk kosmetik lainnya.

Baca Juga : Ryan D'Masiv Alami Kecelakaan di Situbondo

Tak hanya bisnis kecantikan dan perawatan diri. J99 Corp juga memiliki bisnis di bidang lainnya. Pada 2020 dan 2021, J99 Corp masuk ke bisnis rokok elektrik, minuman, hingga obat tradisional. 

Sejumlah perusahaan didirikan, mulai dari J99 Vape, PT Kosmetika Klinik Indonesia, PT Kosmetika Global Nutrition, PT Kosmetika Global Solution, hingga Juragan 99 Garment. Sebelumnya pada 2018, Juragan 99 juga mendirikan J99 Trans, PO bus pariwisata yang beroperasi di Malang, Jawa Timur.

"J99 Trans berdiri 2018. Awalnya 5 bus, sekarang kita ada 13 armada." kata Danang.

Dari semua bidang usaha itu, Danang mengatakan bahwa KCI dan KGI menjadi penyumbang pendapatan terbesar untuk J99 Corp. 

"Kita punya dua (pendapatan) yang paling besar, dari KCI yang fokus untuk distribusi produk-produk MS Glow dan KGI yang fokus untuk manufakturnya." cetus Danang.

Kini ke-20 lini usaha itu dikumpulkan dalam satu holding perusahaan bernama J99 Corp yang berkantor di Pancoran, Jakarta Selatan. Holding itu kini membawahi 2.000 karyawan. Holding tersebut dibentuk demi menghubungkan tiap lini bisnis menjadi saling bersinergi dan berkolaborasi.


Topik

Selebriti



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy