Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Bersama Sekditjen Cipta Karya, Tim KOTAKU Lumajang Tanam 300 Pohon Manggis di Lokasi Huntap Semeru 

Penulis : Teguh Eko Januari - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

22 - Mar - 2022, 19:24

Placeholder
Tim KOTAKU berpose bersama Sekditjen Cipta Karya, Bupati Lumajang, Kepala BPPW Jatim usai melakukan penanaman pohon manggis di huntap (Foto:Teguh Eko Januari -JatimTimes)

JATIMTIMES - Tim Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kabupaten Lumajang menggagas penghijauan di lingkungan hunian tetap (huntap) korban erupsi Gunung Semeru Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Lumajang.

Sebanyak 300 pohon manggis ditanam di depan rumah huntap sebagai tanaman peneduh sekaligus kelak buahnya bisa dimanfaatkan untuk keluarga penghuni huntap tersebut. 

Baca Juga : Bupati Banyuwangi Dorong Warga Masyarakat Manfaatkan Sejengkal Tanah dan Menjaga Mata Air

Acara penanaman pohon manggis tersebut dibuka secara simbolis dengan menanam pohon oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Riono Suprapto, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Jawa Timur M. Reva Sastrodiningrat Selasa siang (22/03/22).

Sebelum penanaman pohon manggis tersebut, Team Leader (TL) KOTAKU OSP 4 Jatim, Winardi sempat memaparkan kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Riono Suprapto tentang beberapa peran yang dilakukan oleh KOTAKU Lumajang terkait partisipasinya dalam penanganan korban erupsi Gunung Semeru.

Sejak erupsi Gunung Semeru lalu, Tim KOTAKU OSP 4 Jatim mulai tanggal 4-7 Desember 2021 telah menggalang donasi untuk korban erupsi hingga terkumpul dana Rp. 28.400.000. 

“Dana dari keluarga besar KOTAKU kami donasikan pada tanggal 10 Desember untuk tanggap darurat dalam bentuk alat salat, pakaian dalam, alat edukasi anak, obat-obatan selimut dan lain-lain yang diserahkan di posko Desa Jarit pada waktu itu,” paparnya.

Penggalangan donasi yang dilakukan KOTAKU ini terus dilakukan hingga terakhir pada tanggal 27 Desember 2021hingga terkumpul dana sebanyak Rp. 38.137.000 yang kemudian dipakai sebagai kegiatan penanaman pohon manggis di huntap tersebut.

Pemilihan tanaman manggis menurut Winardi atas saran dari Pemkab Lumajang setelah pihaknya konsultasi. 

“Kita disarankan untuk menanam pohon manggis sebagai ikonik dan tematik di huntap ini,” ujar Winardi

Baca Juga : Bupati Banyuwangi Ajak Warga Jaga Mata Air di Festival Mentari

Tidak hanya terputus saat ini saja, namun penanaman pohon manggis ini akan dilanjutkan kembali pada bulan April depan dengan melibatkan warga lokal untuk perawatan pohon tersebut hingga huntap ada penghuninya.

Sementara itu keheboan terjadi saat seremonial penanaman pohon manggis tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Riono Suprapto berlagak sebagai pesulap menunjukkan sarung tangannya yang kosong dan akan berisi tanaman manggis. Gurauan ini kemudian disambut dengan gelak tawa dan tepuk tangan.

Sementara Itu Bupati Lumajang dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Jawa Timur tampak serius menanam pohon manggis tersebut hingga a yang neyeletuk jika bupati pakar dalam menanam pohon.

“Jika ada pohon yang mati silahkan lapor saya ya, mudah-mudahan 3 tahun kedepan sudah bisa dirasakan buahnya,” ujar Bupati yang langsung disambut tepuk tangan.

Selain ketiga pejabat tersebut hadir pula Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kabupaten Lumajang Endah Mardiana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang Hartutik, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Lumajang Hairil Diani, tim KOTAKU OSP 4 Jatim, Rektor Universitas Lumajang Dr. Mokhamad Hariyadi Eko Romadon, S.Sos., M.Si. sebagai pelopor pegiat lingkungan dan beberapa tokoh masyarakat terkait lingkungan hidup


Topik

Lingkungan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Teguh Eko Januari

Editor

Moch. R. Abdul Fatah