Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Setahun Hasilkan 5 Ton Sayur, Kampung Oraganik Hadir di RW 2 Desa Mojorejo Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

13 - Mar - 2022, 14:43

Placeholder
Ketua PKK Kota Batu Wibi Asri Santoso saat memukul gong di Gang Kolam RW 2 Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Minggu (13/3/22).

JATIMTIMES - Kreativitas desa/kelurahan terus dimunculkan di Kota Batu. Kali ini Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko melaunching Kampung Organik RW 2 Desa Mojorejo, Kecamatan Mojorejo, Kota Batu, Minggu (13/3/22).

Di-launchingnya Kampung Organik ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, juga Ketua PKK Kota Batu Wibi Asri Santoso di Gang Kolam RW 2 Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. Juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Desa Mojorejo, tokoh-tokoh masyarakat, warga setempat serta berbagai organisasi kepemudaan.

Baca Juga : Bencana Alam Banjir Bandang di Kerek, PDI Perjuangan Tuban Berjanji Perbaiki Tanggul Permanen

Kegiatan yang diinisiasi masyarakat RW 2 ini merupakan usaha untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui ketersediaan sayuran organik. Kemudian untuk membantu perekonomian rumah tangga warga.

Juga mendukung Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM) sekitar, sekaligus mendukung program pemerintah untuk Go Organik. Ketua RW 2 Desa Mojorejo, Ismi mengatakan, dalam jangka panjang harapannya Kampung Organik ini bisa dikembangkan menjadi kampung wisata organik.

“Supaya ke depan bisa menjadi Kampung Edukasi organik dan menjadi tujuan studi banding daerah lain. Dan bermanfaat,” ucap Ismu.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, menambahkan, pemasaran dari sayuran organik dan UMKM bisa dibantu oleh Pemkot Batu melalui berbagai cara. Mulai dari seperti menggelar pameran di Balai Kota Among Tani.

Apalagi sebelum di-launching, Kampung Organik ini sudah mampu menghasilkan 5 ton dalam setahun, namun permintaan masih tinggi.

Baca Juga : Sambut Ramadan, Pemkab Blitar Akan Gelar Operasi Pasar 8 Ton Minyak Goreng

“Sudah ada permintaan dari Jogja untuk sayuran organik, namun masih belum bisa terpenuhi, semoga kedepannya RW-RW lainnya bisa berkolaborasi untuk memenuhi permintaan tersebut.” terang Dewanti.

Dewanti berharap, program tersebut bisa menambah pemasukan keluarga dan mensejahterakan masyarakat bisa terus berjalan.


Topik

Lingkungan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni