Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Upayakan Masyarakatnya Mahir Bahasa Inggris, Disdik Kota Kediri Cetuskan Beragam Inovasi EMAS

Penulis : Bambang Setioko - Editor : A Yahya

03 - Mar - 2022, 19:21

Placeholder
Dinas Pendidikan Kota Kediri cetuskan beragam inovasi pada program English Massive (EMAS). (Foto: Dok. Pemkot Kediri)

JATIMTIMES - Sebagai upaya Pemerintah Kota Kediri untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris masyarakat Kota Kediri, Dinas Pendidikan Kota Kediri cetuskan beragam inovasi pada program English Massive (EMAS).

EMAS merupakan sebuah program inisiatif Pemkot Kediri di bawah kepemimpinan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar pada periode pertama untuk memberdayakan warganya melalui kursus Bahasa Inggris gratis berbasis komunitas, yang terbuka untuk seluruh warga Kota Kediri dari segala kalangan usia.

Baca Juga : Madu Kaliandra, Madu Asli Asal Kabupaten Kediri dengan Cita Rasa Manis Tanpa Asam

Untuk meningkatkan jumlah partisipan, pihaknya telah menggagas berbagai inovasi dan program segar yang diklaim mampu meningkatkan minat masyarakat untuk mengikuti program EMAS.

Dinas Pendidikan Kota Kediri cetuskan beragam inovasi pada program English Massive (EMAS). (Foto: Dok. Pemkot Kediri)

Inovasi-inovasi tersebut, di antaranya: Outing Class, Video Pembelajaran Golden Corner, Podcast, English Call, Online Program, peluncuran Aplikasi Jurnal mengajar Tutor, Online Certificate, Perlombaan Tahunan COIN EMAS.

Siswanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri menyebut, kini terdapat 2.230 partisipan EMAS yang didominasi usia anak-anak (young learners). “Terdiri dari 1.750 partisipan dari level young learner, 364 dari young adult, dan 116 usia adult,” ungkap Siswanto.

Dirinya juga menambahkan hingga kini terdapat 185 spot pembelajaran dengan total 244 kelas yang tersebar di tiga kecamatan. “Ini kan program gratis yang dibuat Pemkot Kediri untuk masyarakat. Seringkali dianggap remeh oleh masyarakat, bisa dari segi kualitas maupun fasilitas yang didapatkan,” ucap Siswanto. Kendati demikian Pemkot Kediri enggan memberikan kualitas ecek-ecek pada program pembelajaran EMAS.

Dinas Pendidikan Kota Kediri selaku leading sector turut membekali para tutor dengan keahlian penunjang melalui berbagai workshop. Menurut Siswanto, peran tutor sangat krusial dalam menyukseskan pembelajaran. “Sejak 2018 kami adakan workshop untuk semua tutor yang diadakan secara rutin setiap bulan dengan menghadirkan pemateri, salah satunya dari English Today Jakarta,” jelasnya.

Tahun 2022 EMAS telah menjalin kerjasama dengan Widya Mandala Language Institute (WMLI) Surabaya dan IDP Jakarta (lembaga penyedia tes IELTS resmi yang diakui secara internasional). "Jadi partisipan EMAS, warga Kota Kediri dan sekitarnya bisa melakukan tes IELTS di Dinas Pendidikan Kota Kediri, tidak perlu ke kota-kota besar lainnya,” tegas Siswanto.

Baca Juga : Wali Kota Kediri Dorong Digitalisasi Kurnia Semudah Pinjol

Dirinya menambahkan apabila masyarakat ingin bergabung dalam EMAS, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan: emas.pendidikan.kedirikota.go.id/daftar.

Ms. Cindy, salah satu tutor mengaku EMAS memiliki berbagai keunggulan dibandingkan lembaga kursus lainnya. “Kami memberikan e-certificate kepada partisipan yang telah lulus level test, serta yang menjadi juara COIN EMAS dan Dramacoustic. Yang mana sertifikat juara COIN EMAS dalam lomba tertentu, nantinya dapat digunakan untuk PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) masuk Jalur Prestasi di seluruh SMP Negeri di Kota Kediri,” ucapnya.

Ia berharap program EMAS dapat lebih berkembang dengan menjaring partisipan lebih banyak. “Semoga EMAS ini lebih dikenal masyarakat dan melahirkan generasi yang expert berbahasa Inggris,” pintanya. (Adv)


Topik

Advertorial



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko

Editor

A Yahya