07/02/2023 Sebanyak 92 KPM di Desa Balerejo Terima BLT Dana Desa Tahun 2022 | Jatim TIMES

Sebanyak 92 KPM di Desa Balerejo Terima BLT Dana Desa Tahun 2022

Feb 04, 2022 19:31
Penyaluran BLT Dana Desa di Balerejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung / Foto : Dok Pemdes Balerejo / Tulungagung Times
Penyaluran BLT Dana Desa di Balerejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung / Foto : Dok Pemdes Balerejo / Tulungagung Times

Pewarta: Anang Basso | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Pemerintah Desa Balerejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung juga telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahun 2022 ini. Sebanyak 92 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan BLT untuk dua bulan yakni Januari dan Februari.

Dari total Dana Desa yang diterima Balerejo sebesar Rp 819.822.000 ,- seperti aturan dari pemerintah bahwa alokasinya 40 persen untuk BLT. Selebihnya, 60 persen dapat dimanfaatkan sebagai program Pemberdayaan untuk Masyarakat Desa.

Baca Juga : Kedisiplinan Prokes Menurun, Satgas Covid-19 Kabupaten Malang Gencarkan Razia

Dari 60 persen anggaran pemberdayaan ini, kemudian dibagi menjadi beberapa item pokok yaitu 20 persen untuk ketahanan pangan dan hewani, 8 persen untuk mendukung kegiatan penanganan Covid-19 seperti percepatan dan sosialisasi vaksinasi.

Sisanya, yakni 32 persen untuk program prioritas hasil musyawarah desa (musdes). "Alokasinya sedikit melebihi 40 persen, karena kita ingin pemerataan," kata Kepala Desa Balerejo SamsuJatmiko, Jum'at (04/02/2022).

Dengan BLT DD 2022 dampak pandemi Covid-19 yang masih terjadi ini, Pemdes Balerejo berharap agar masyarakat yang belum menerima bansos PKH dan BPNT dan lainnya dapat terakomodasi.

"Pandemi ini memang dampaknya masih dirasakan oleh masyarakat, untuk itu pemerintah melakukan refocusing melalui Dana Desa tahun 2022 ini untuk bantuan Langsung Tunai (BLT)," ujarnya.

Baca Juga : Kedokteran UIN Maliki Malang Gelar Yudisium 33 Mahasiswa, Ada Dua Hafizah Alquran 30 Juz

Samsu Jatmiko berharap, pandemi segera berakhir sehingga pada tahun berikutnya Dana Desa kembali dapat dialokasikan untuk pembangunan seperti sebelum pandemi terjadi. "Semoga pandemi cepat berlalu, kita ingin normal lagi agar pembangunan di desa semakin baik dan perekonomian kembali tumbuh," pungkasnya.

Dalam penyaluran itu, masyarakat selaku KPM tampak menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Judul berita Sebanyak 92 KPM di Desa Balerejo Terima BLT Dana Desa Tahun 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
samsu jatmiko kades balerejo samsu jatmiko

Berita Lainnya