Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Guyur Kota Malang, BPBD Catat 6 Pohon Tumbang | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Guyur Kota Malang, BPBD Catat 6 Pohon Tumbang

Feb 03, 2022 19:46
Petugas dari BPBD Kota Malang bersama petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang saat melakukan evakuasi pada pohon tumbang di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Kamis (3/2/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Petugas dari BPBD Kota Malang bersama petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang saat melakukan evakuasi pada pohon tumbang di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Kamis (3/2/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Hujan lebat disertai angin kencang mengguyur Kota Malang pada hari Kamis (3/2/2022) mulai pukul 14.15 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Salah satu kawasan yang terdampak cukup parah yakni di wilayah Kecamatan Blimbing.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Alie Mulyanto mengatakan terdapat enam pohon besar yang tumbang di kawasan Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

Baca Juga : Ada Siswa Positif Covid-19, Sekolah Tatap Muka di Lumajang Jalan Terus

"Ada enam pohon tumbang itu di daerah Purwantoro, Letjen S Parman, Sunandar Priyo Sudarmo, Arjosari, Pandanwangi dan Blimbing," ungkap Alie kepada JatimTIMES.com, Kamis (3/2/2022). 

Setidaknya di enam titik tersebut pohon-pohon besar, tinggi dan sudah cukup tua tumbang setelah diterpa guyuran hujan lebat yang disertai angin kencang. 

Alie menuturkan, tim dari BPBD Kota Malang berjumlah 15 orang dibantu oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menyebar melakukan evakuasi terhadap pohon yang tumbang tersebut. 

Evakuasi.

Selain itu, petugas BPBD Kota Malang telah menyebar untuk melakukan assessment dampak dari hujan lebat disertai angin kencang serta pohon tumbang. Dari hasil assessment BPBD Kota Malang, pohon yang tumbang rata-rata berjenis mahoni dan randu. "Untuk laporan sementara ada satu mobil di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo yang tertimpa pohon dan tidak ada korban jiwa dari peristiwa," ujar Alie. 

Pihaknya mengimbau, dengan intensitas hujan lebat disertai angin kencang yang diperkirakan akan berlangsung hingga awal Bulan Maret 2022 ini, masyarakat untuk selalu waspada kita berkendara. "Karena terjadi perbedaan suhu dan cuaca. Masyarakat agar tetap waspada apalagi yang menggunakan kendaraan, jangan berhenti di tempat pohon yang besar dan rindang," terang Alie. 

Sementara itu, terkait peristiwa pohon tumbang akibat hujan lebat disertai angin kencang, Kepala DLH Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan pihaknya juga telah melakukan assessment dan evakuasi pohon tumbang. "Sementara yang sudah dikerjakan (evakuasi) ada delapan pohon tumbang," ujar Wahyu melalui sambungan telepon. 

Baca Juga : Rekaman CCTV Kecelakaan Vanessa Angel Diputar di Persidangan Joddy

Lebih lanjut, terkait pohon tumbang yang menimpa mobil, Wahyu menuturkan bahwa terdapat tambahan satu mobil yang tertimpa pohon di kawasan Jalan Tenaga, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

"Untuk pohon yang menimpa mobil kita kan ada asuransi pohon ya, jadi nanti yang mobilnya tertimpa pohon itu bisa di klaimkan langsung ke Kantor DLH," pungkas Wahyu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota Malang Pohon Tumbang

Berita Lainnya