06/02/2023 Bakar Keranda, PMII STKIP Sumenep Kembali Demo Kantor Bupati | Jatim TIMES

Bakar Keranda, PMII STKIP Sumenep Kembali Demo Kantor Bupati

Feb 03, 2022 14:46
PMII STKIP PGRI Sumenep bawa keranda saat demo di Kantor Bupati Sumenep. (Foto: Syaiful R/JatimTIMES)
PMII STKIP PGRI Sumenep bawa keranda saat demo di Kantor Bupati Sumenep. (Foto: Syaiful R/JatimTIMES)

Pewarta: Syaiful Ramadhani | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STKIP PGRI Sumenep kembali menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Sumenep, Kamis (3/2/2022).

Dalam aksi kali ketiga  ini, PMII STKIP PGRI Sumenep membawa alat peraga keranda mayat yang bertuliskan "Pemkab Sumenep Hidup/Mati".

Baca Juga : Bertemu dengan Duta Besar Selandia Baru, Menko Airlangga Bahas Peluang Kerja Sama Sektor Perdagangan, Pertanian, dan Energi

Tidak hanya itu. Mereka menuntut Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengevaluasi pengangkatan kepala dinas, sekretaris hingga kabid di Dinas Pendidikan setempat yang dinilai tidak mumpuni dalam dunia pendidikan.

Atas dasar itu, mereka mendesak bupati Sumenep untuk segera turun tangan demi menjaga marwah pendidikan di Sumenep dan menindak tegas ASN yang dinilai mencemarkan nama baik PMII, yang sebelumnya menyebut aksi unjuk rasa mereka adalah bayaran.

"Aksi kita kali ini merupakan jilid 3 dengan menuntut bupati Sumenep segera selesaikan keluhan masyarakat berkaitan dengan pendidikan di Sumenep," kata korlap aksi PMII STKIP PGRI Sumenep Nur Hayat.

Versi mahasiswa, Kepala Dinas Pendidikan Sumenep Agus Dwi Saputra beserta jajaran di bawahnya dinilai tidak memiliki kemampuan dalam dunia pendidikan dan tidak sesuai dengan Permendikbud Nomor 7 Tahun 2017. Sebab, kepala dinas beserta jajaran di bawahnya harus memiliki pengalaman pendidikan atau kebudayaan sebelumnya.

"Hasil kajian kami, ternyata mereka tidak berlatar itu. Jadi, kami nilai itu salah penempatan. Untuk itu, kami minta bupati Sumenep segera selesaikan persoalan ini," ujar Nur Hayat secara tegas.

Baca Juga : Kolaborasi Anggota DPRD Jatim Guntur Wahono dan Ansor Kabupaten Blitar Lahirkan Koperasi Giras

Menemui massa aksi, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep Edy Rasyadi menyampaikan, aspirasi PMII STKIP PGRI Sumenep sudah ditampung oleh Bupati. Bahkan, bupati berkomitmen mengevaluasi semua OPD (organisasi perangkat daerah).

"Bupati sudah berkomitmen untuk mengevaluasi semua OPD di lingkungan Pemkab Sumenep. Tidak hanya di pendidikan saja. Jika kinerjanya tidak bagus, pasti diturunkan," tandas sekda.

Meski demikian, masa aksi PMII STKIP PGRI Sumenep merasa tidak puas dengan penyampaian Sekda Edy. Mereka kemudian membakar keranda sebagai bentuk kekecewaan kepada Pemkab Sumenep yang tidak kunjung menyelesaikan tuntutannya itu.

Judul berita Bakar Keranda, PMII STKIP Sumenep Kembali Demo Kantor Bupati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
PMII STKIP Sumenep demo pmii

Berita Lainnya