Cegah Penyebaran Omicron, BPBD Jatim  dan Relawan Lakukan Sterilisasi Terminal Purabaya | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Cegah Penyebaran Omicron, BPBD Jatim  dan Relawan Lakukan Sterilisasi Terminal Purabaya

Feb 02, 2022 19:28
Sterilisasi di Terminal Purabaya
Sterilisasi di Terminal Purabaya

JATIMTIMES - Guna mencegah penyebaran varian Omicron tidak meluas di Jawa Timur, BPBD Jatim bersama sejumlah OPD dan relawan di Surabaya melakukan sterilisasi Covid-19 dalam bentuk penyemprotan disinfektan dan pembagian masker di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Rabu (2/2/2022). 

Puluhan personel gabungan yang terdiri dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, Tim Srikandi BPBD, Tim Trenggana Satpol PP, Petugas Dishub Jatim dan sejumlah relawan melakukan penyemprotan disinfektan dan membagikan ribuan masker kepada pengguna angkutan bus antar kota dalam provinsi (AKDP) di terminal tersebut.

Baca Juga : Cegah Pencurian, Bekas Kios Pasar Bululawang yang Terbakar akan Ditutup

Sebelum melakukan aksi penyemprotan dan pembagian masker, Tim Gabungan OPD Pemprov Jatim mengawali kegiatannya dengan apel pasukan di area pemberangkatan bus.

Kalaksa BPDB Jatim Drs Budi Santosa usai aksi membagikan masker menjelaskan, penyemprotan disinfektan dan pembagian masker ini dilakukan dengan melibatkan unsur pentahelix, mulai dari kalangan Dishub Jatim, Satpol PP Jatim, TNI, Polri, dan sejumlah relawan. Diantaranya Komunitas Jogoboyo, Gus Durian, serta elemen masyarakat Jatim lainnya.

Langkah ini, menurutnya, merupakan tindak lanjut dari Apel Pamor Keris (Patroli Motor Penegakan Protokol kesehatan di Masyarakat) bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya, di lapangan Makodam Jatim, beberapa waktu lalu.

"Yang kita lakukan ini merupakan bagian dari tindaklanjut Apel Pamor Keris itu dengan penegakan 3M (Menjaga Jarak, Memakai Masker, Mengurangi Mobilitas) dan 3T (Testing, Tracing, Treatment)," kata Budi Santosa.

Selain di Terminal Purabaya, Tim Gabungan BPBD Jatim bersama relawan rencananya juga akan menggelar acara serupa di terminal-terminal lain, pasar-pasar dan tempat keramaian lainnya. "Dengan Dinas Kesehatan, kita coba nanti lebih lengkap lagi dengan TNI Polri. Kita nanti coba awali di tempat-tempat keramaian dan tempat-tempat kerumunan lain," tegas Budi.

Baca Juga : 25 DPC Partai Demokrat Jatim Doakan Bayu Airlangga Sukses Fit Proper Test

Seperti yang diketahui, Omicron di Jatim mengalami peningkatan sekitar 760 kasus baru dari 200an kasus dalam beberapa waktu ini. Penyebaran varian baru Covid-19 ini diyakini penularannya lebih cepat dari varian Delta. 

Dengan cara menggelar penyemprotan disinfektan Termasuk menggunakan kendaraan water spray dan membagikan masker kepada penumpang moda transportasi diharapkan bisa mencegah dan mengurangi penyebaran varian Omicron.

Selain Kalaksa BPBD Jatim Budi Santosa, hadir dalam kegiatan ini, Kadishub Jatim Nyono, Kasatpol PP Jatim Hadi Wawan Guntoro dan pejabat eselon III di lingkungan BPBD Jatim. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
omicron Terminal Purabaya

Berita Lainnya