Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kreatif, Pria Asal Kediri Olah Limbah Bambu menjadi Kerajinan

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Jan - 2022, 18:26

Placeholder
Imam Suhadi pengrajin limbah bambu. (Eko Arif S/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Bagi sebagian orang, limbah industri bambu mungkin hanya dianggap tumpukan sampah tak berguna. Namun, bagi sejumlah pelaku usaha kerajinan tangan, sisa limbah bambu yang biasanya berakhir di tungku pembakaran itu diolah menjadi sebuah kerajinan bernilai jual tinggi.

Imam Suhadi namanya, lewat kreativitasnya, Imam mampu membuat limbah bambu menjadi sebuah songkok khas Probolinggo.

Baca Juga : Tiap Akhir Pekan, Masyarakat Kota Malang Bisa Nikmati Live Musik di Sepanjang Koridor Kayutangan

Berada di rumahnya, yang terletak di Dusun Jatirejo, Desa Kanigoro, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Imam menjalankan usahanya itu dibantu dengan keluarganya.

Usaha yang dirintis dari tahun 2019 itu, kini Imam telah memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Diantaranya, Surabaya, Probolinggo, Madura, Medan hingga Jakarta.

Imam mengaku, dirinya mampu membuat kurang lebih 6 songkok unik dalam kurun waktu sehari. Semua proses pembuatannya itu ia kerjakan secara manual. Mulai dari proses memotong bambu, menganyam, hingga proses finishing pembuatan songkok.

Lebih lanjut, Imam mengatakan, jika keahliannya dalam membuat songkok itu memang tak lepas dari ilmu yang didapatkannya melalui pelatihan di Probolinggo secara langsung.

Baca Juga : Ratusan Kader GP Ansor Tulungagung Tanam Ribuan Alpukat di Bumi Perkemahan Walikukun

"Ilmu pembuatan songkok itu saya dapat saat saya mengikuti pelatihan di sana (Probolinggo). Kebetulan saat itu memang saya menjadi guru seni rupa di sana. Tapi karena sudah pensiun di tahun 2019, pada akhirnya di tahun itu pula saya pulang rumah ke Kediri dan membuat songkok ini," ujarnya.

Untuk harga songkok buatan Imam ini dihargai Rp 40 ribu rupiah per satuannya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Sri Kurnia Mahiruni