Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

PEPC Zona 12 Tanam Ribuan Bibit Pohon di Bojonegoro

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : Dede Nana

02 - Jan - 2022, 10:38

Placeholder
Kegiatan aksi penanaman pohon komitmen perusahaan PEPC dalam melestarikan lingkungan di Bojonegoro (02/01/2022) (Foto PEPC Zona 12 For Jatim TIMES)

JATIMTIMES - PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina melaksanakan program pengembangan masyarakat (PPM) dalam kelestarian lingkungan. Kegiatan dalam bentuk aksi tanam pohon itu berada di wilayah operasi perusahaan sebagai wujud komitmen PEPC menjaga lingkungan tetap Suspensibility.

Demikian dikatakan JTB Site Office & PGA Manager PEPC Edy Purnomo di sela-sela kegiatan di Desa Bandungrejo, Ngasem Bojonegoro Jawa Timur, Minggu (2/1/2022).

Baca Juga : Dibaca Setiap Hari, Berikut Doa Agar Allah SWT Menutupi Aib Kita

Edy sapaan pendek Edy Purnomo menambahkan, aksi tanam pohon sengaja dikemas dengan melibatkan partisipasi aktif semua pihak. Hal ini salah satu bukti bahwa PEPC sangat mendukung pelaksanaan dari kebijakan environmental, social, governance (ESG) melalui kegiatan PPM-nya. Selain itu, kegiatan tanam pohon merupakan  bagian pengembalian lahan kritis agar tidak mengalami erosi dan juga sebagai usaha konservasi mata air.

"Program pengembangan masyarakat kami selain di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan juga selalu memperhatikan aspek lingkungan,” jelasnya.

Lanjutnya, tanam pohon bersama ini merupakan komitmen perusahaan untuk pelestarian lingkungan melalui penanaman 3.700 pohon penghijauan di area ruang terbuka hijau, daerah aliran sungai, lahan kritis, dan bahu jalan poros desa di sekitar Proyek JTB.

Kali ini PEPC menanam sebanyak 2.000 bibit akar wangi atau tanaman sejenis rumput nama latin Chrysophogon Zizanoides yang dikenal handal dalam menahan erosi, 1.700 pohon tegakan atau pohon keras terdiri dari pohon tabebuya, pohon beringin, pohon jambu air, kelengkeng, dan ketepeng kencana. 

Kepala Adm KPH Bojonegoro Irawan yang turut hadir berpartisipasi dalam kegiatan ini menyampaikan rasa syukurnya lantaran dapat berkumpul di tengah-tengah para forester untuk bersama-sama melakukan kegiatan sangat positif bagi kelestarian lingkungan.

Baca Juga : Tahun Baru Hujan di Tulungagung, Kawasan Pantai Sempat Tergenang

“Apresiasi kami sampaikan kepada PEPC yang telah terus menerus menjalankan program-program kemasyarakatan yang mendukung upaya pelestarian lingkungan dan kawasan hutan. Semoga melalui upaya-upaya yang kita lakukan bersama termasuk penanaman pohon pada pagi ini kelak kita dapat mewariskan alam yang tetap lestari bagi generasi yang akan datang," ungkap Irawan.

Adapun lokasi penanaman ini tersebar di beberapa titik wilayah Bandungrejo dengan bibit akar wangi ditanam pada lokasi yang memiliki kerawanan erosi. Sementara untuk pohon tegakan selain di beberapa wilayah yang memiliki potensi kekeringan juga ditanam di berbagai sisi jalan desa guna meningkatkan nilai estetika lingkungan sekitar.

Dalam aksi tanam pohon PEPC 2021 itu, diikuti ratusan sukarelawan setempat yang selama ini telah bermitra dengan perusahaan dalam pelaksanaan PPM-nya. Turut hadir KPH Bojonegoro, BKPH Clangap, Muspika Kecamatan Ngasem dan Pemdes Bandungrejo serta tokoh masyarakat.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

Dede Nana