04/12/2022 Viral Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid Terekam CCTV, Pelaku Lari Ketahuan Warga | Jatim TIMES

Viral Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid Terekam CCTV, Pelaku Lari Ketahuan Warga

Dec 20, 2021 13:57
Screenshot vidio pelaku saat memangkul kotak amal (20/12/2021) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)
Screenshot vidio pelaku saat memangkul kotak amal (20/12/2021) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

Pewarta: Ahmad Istihar | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Kotak amal Masjid SDIT Al Uswah di Kelurahan Latsari, Kecamatan Kota Tuban, Kabupaten Tuban, digondol maling. Aksi pelaku terekam kamera CCTV milik warga setempat dan menjadi viral di sejumlah grup WhatsApp, Senin (20/12/2021).

Pada rekaman video itu, maling nampak seorang diri memakai pakaian hitam, masuk kawasan Masjid SDIT Al Uswah, malam dini hari sekitar pukul 02.00 Wib. Kemudian, kotak amal dari bahan kayu yang ada di samping pintu masjid langsung digondol kabur dengan cara di pangkul.

Baca Juga : Mantan Menteri ini Berharap Calon Alternatif Bisa Lahir di Muktamar ke-34 NU

Nahasnya, pelaku seorang diri tidak mampu membongkar kotak amal dan aksinya diketahui salah satu warga saat akan membongkar kotak amal. Kemudian, kotak amal tersebut ditinggal sekitar 500 meter dari lokasi kejadian dan pelaku kabur melarikan diri.

“Aksi pelaku terekam kamera CCTV,” ungkap Niam, salah satu guru SDIT Al Uswah Tuban.

Ia menerangkan, pelaku masuk ke kawasan masjid melalui pintu samping yang saat itu kondisinya tidak terkunci. Setelah itu, pelaku membawa kotak amal keluar masjid. 

“Masuk pintu samping, dan kelihatannya pelaku tidak pakai sepada motor dan kotak amal dipukul oleh pelaku,” ungkap guru SDIT Al Uswah Tuban.

Setelah berhasil membawa kotak amal, pelaku seorang diri berusaha membuka kotak amal dengan menggunakan tangan kosong. Aksi pelaku diketahui warga dan meninggal kotak amal dalam kondisi masih utuh.

“Pelaku tidak berhasil membongkar kotak amal, karena diketahui warga. Sekarang kotak amal sudah dikembalikan ke Masjid,” jelas Niam.

Baca Juga : Viral Gambar Wajah Jokowi Diedit Jadi "Bunda Maria", Polisi Langsung Tindaklanjuti

Guru asal Kecamatan Soko itu kembali menjelaskan, untuk kerugian nihil karena kotak amal tidak berhasil dibuka oleh pelaku. “Kerugian nihil karena kotak amal tidak bisa dibongkar,” jelasnya.

Mendapat kabar itu, anggota Polsek Kota Tuban langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memintai keterangan sejumlah saksi. Hasil pemeriksaan, kerugian dalam kejadian tersebut tidak ada karena kotak amal tidak berhasil dibuka oleh pelaku.

“Petugas sudah menemui pengurus masjid, namun pengurus tidak mau melaporkan kejadian itu karena tidak ada kerugian materi,” ungkap Iptu Riyanto, Kapolsek Kota Tuban, Polres Tuban.

Judul berita Viral Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid Terekam CCTV, Pelaku Lari Ketahuan Warga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
kotak amal pencurian kotak amal

Berita Lainnya