08/12/2022 Kisah Sunarto, Penyandang Disabilitas dari Madiun yang Makin Berbinar dengan Motor Impiannya | Jatim TIMES

Kisah Sunarto, Penyandang Disabilitas dari Madiun yang Makin Berbinar dengan Motor Impiannya

Nov 21, 2021 13:57
Sunarto bersiap siap berangkat menjajakan dagangan keset dan bawang merahnya. Foto muhamad nasir. JatimTimes
Sunarto bersiap siap berangkat menjajakan dagangan keset dan bawang merahnya. Foto muhamad nasir. JatimTimes

Pewarta: Muhammad Nasir | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Sosok Sunarto (47), seorang penyandang keterbatasan fisik yang bertekad bisa menjadi pebisnis sukses kini mulai menampakkan hasilnya. Sunarto yang memiliki cita-cita tinggi dengan segala keterbatasannya, terus mencoba menggapainya. Bahkan, dirinya bercita-cita bisa memperkerjakan orang lain.

Sunarto yang merupakan warga RT/ RW 008/002 Tulungrejo, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun ini baru saja menerima kiriman sebuah sepeda motor impiannya. Pasalnya, ada seorang dermawan  yang mengetahui informasi dirinya dan tertarik untuk  memberikan harapan Sunarto.

Baca Juga : Kisah Suami di Tulungagung yang Balas Chat Buaya Darat hingga Janjian Ke Hotel, Ini yang Terjadi

"Ada seorang dermawan yang datang ke rumah tante saya dimana saya tinggal. Dan berniat memberikan sebuah sepeda motor, sayangnya beliau tidak mau disebut namanya" Tutur Sunarto.

Sunarto tampak berbinar karena di samping sudah bisa menaiki sepeda motor barunya, usaha yang dikembangkannya juga semakin bertambah hingga kehabisan  bahan.

"Sayang sekali mas, bahan untuk pembuatan keset makin menipis, biasanya ada dermawan yang memberikan pakaian tidak dipakai ke rumah, namun akhir akhir ini tidak ada" Paparnya.

Bukan Sunarto namanya jika hal ini lantas membuatnya surut, ia tetap cerdik melihat peluang yang  bisa di garap. Di saat bahan kain bekas sedang menipis, dia menggeber motor barunya dengan membawa dagangan lain. Seperti yang dilakukan dua hari ini. Sunarto menambah dagangan di motor barunya dengan membawa bawang merah hasil panen budenya.

"Sekali jalan biar dapat hasil lebih saya bawa bawang merah hasil panen bude. Hasilnya lumayan, dan ternyata mulai banyak yang pesan" Ungkap Sunarto ceria.

Dia masih berharap untuk langkah berikutnya bisa menjual kebutuhan masyarakat seperti barang pecah belah, sapu ijuk, keset dan bumbu masakan di motor barunya.

Itulah sosok Sunarto yang pernah diberitakan JatimTIMES  beberapa waktu lalu. Walaupun
dalam keterbatasan fisik yang dialaminya sejak lahir, cibiran dari sana sini, diskriminasi dari teman-teman kecilnya saat itu, justru membuat Sunarto memiliki mental yang kokoh. Mental inilah yang membuat mimpi-mimpi besarnya mulai terwujud.

Baca Juga : Jawab Pertanyaan Publik, Kandasnya Pernikahan Johnny Deep dan Amber Heard Dijadikan Seri Dokumenter

Selasa (13/4/2021) bersamaan dengan awal ramadan, mimpi Sunarto mulai terjawab. Relawan Ikatan Wong Madiun (IWM) memberikan bantuan dua kardus kain perca dan pakaian masih layak pakai untuk usaha Sunarto.

"Sedikit bantuan pakaian dan kain perca ini semoga bisa dimanfaatkan oleh pak Sunarto melanjutkan usaha pembuatan kesetnya. Kami usahakan untuk dapatnya menginformasikan ke relawan lain yang barangkali siap menerima hasil karyanya," ucap Nanang selaku Ketua IWM.

Saat MadiunTimes menyambangi rumahnya untuk menyampaikan bantuan 8 kardus berisi pakaian layak pakai dan kain perca yang diperoleh dari Relawan Srikandi Duaffa yang beralamat di Desa Mojorayung, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Sunarto juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan IWM Relawan Srikandhi Duaffa dan media JatimTIMES.

"Mugi-mugi sedoyo bantuan saking rencang-rencang IWM Srikandi Duaffa lan saking media JatimTaiMES niki saget damel nglanjutaken usaha kulo. Mugi-mugi gusti Alloh ingkang mbales sedoyo kesaenanipun (Semoga semua bantuan ini bisa untuk melanjutkan usaha saya. Semoga Allah membalas semua kebaikan mereka, red)," Pungkas Sunarto.

Judul berita Kisah Sunarto, Penyandang Disabilitas dari Madiun yang Makin Berbinar dengan Motor Impiannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
kisah sunarto kisah inspiratif

Berita Lainnya